Angkasa Pura 2

Ayo Daftar, Ditjen Hubdat Siapkan Mudik Gratis ke 40 Kota di Jawa dan Sumatera

KoridorSelasa, 19 Maret 2019
20190319_132919

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan  akan menambah kapasitas bus untuk mudik gratis pada Lebaran tahun 2019 ini. Pemerintah  komit meningkatkan pelayanan sekaligus mencegah jatuhnya korban meninggal dunia selama arus mudik dan balik Lebaran.

“Untuk bus yang disiapkan untuk mudik gratis cukup banyak. Tahun 2019 ini disiapkan 1.200 bus untuk angkut pemudik gratis ke 40 kota di Jawa dan Sumatera,” ujar Dirjen Hubdat  Kemenhub Budi Setiyadi di Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Pendaftaran mudik gratis secara online bisa dilakukan mulai besok. Caranya cukup klik di www.mudikgratis.dephub.go.id. Sedang pendaftaran secara manual akan diumumkan kemudian.

Kapasitas bus mudik gratis tahun ini, lanjut Dirjen Budi,  ditambah untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor saat musim mudik Lebaran. Diharapkan, hal ini bisa mengurangi kemacetan lalu lintas.

Kalau Lebaran  tahun lalu, mudik gratis baru mengangkut sekitar 34.000 orang. Pada Lebaran 2019 sebanyak 40.000 orang akan diantar dengan bus gratis sampai ke titik tujuan yang sudah ditentukan.

Selain itu, Ditjen Hubdat juga menyiapkan 75 truk yang akan mengangkut sepeda motor yang orangya mudik dengan bus. “Jadi orangnya  naik bus dan sepeda motornya dibawa dengan truk gratis,” kata Dirjen Budi.

“Kebijakan menyediakan mudik gratis dengan bus ini dimaksudb untuk mengajak masyarakat supaya memulai menghindari, mencegah, tidak menggunakan sepeda motor atau angkutan pribadi. kemudian beralih ke angkutan publik yang kita siapkan dari Pemrintah,, BUMn dan swasta ke berbagai tujuan di Indonesia” tukas Budi.

Mudik dengan Kapal RoRo

Dirjen Budi didampingi  Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani mengatakan, pihaknya juga menyiapkan  mudik gratis dengan kapal RoRo.

Pada musim Lebaran 2019  disiapkan  fasilitas mudik gratis dengan kapal roro. Kapal tersebut akan mengangkut penumpang dan sepeda motornya sekaligus

“Pada tahun ini mudik gratis dengan kaa roro akan melayani tiga tujuan, yaitu Jakarta-Lampung, Jakarta-Semarang dan  Jakarta Surabaya,” papar Dirjen Budi.

Untuk melayani mudik gratis dengan kapal roro baim penumpang  dan sepeda motor disiapkan 3 kapal ukuran 5.000 GT. “Kapal roro akan berangkat dari Jakarta hari Sabtu atau H-4 Lebaran,” terang Dirjen Budi.

Kini masyarakat khususnya yangbingin pulang mudik  gratis makin banyak pilihan.  Bisa naik bus dan motornya dibawa truk. Atau naik kapal roro bersama penumpang dan sepeda motornya.(helmi)

loading...