Angkasa Pura 2

Begini Kata Pengamat Terkait Penguatan Bandara Kualanamu Hub Wilayah Barat

Bandara KokpitJumat, 22 Maret 2019
IMG_20190322_154956

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Terkait penguatan Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang sebagai Hub wilayah Barat dan Asia, pengamat penerbangan Alvin Lie mengungkapkan, sektor Industri Transportasi Udara Nasional sudah selayaknya memiliki bargaining point dalam pengembangan dan optimalisasi jaringan penerbangan nasional.

“Khususnya dalam mengoptimalkan trafik penumpang serta potensi kepariwisataan melalui pemanfaatan jaringan penerbangan nasional oleh maskapai penerbangan lokal,” ujar Alvin Lie di Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Untuk itu, perlu kiranya kembali dicermati upaya tata kelola pengembangan hub penerbangan internasional agar tetap mengedepankan prioritas pengembangan jaringan hub penerbangan nasional yang tentunya dapat menunjang trafik pergerakan wisatawan internasional melalui optimalisasi kapasitas bandara internasional di Indonesia beserta jaringan penerbangan maskapai nasional.

Pengamat kebijakan Publik, Agus Pambagio menambahkan, Indonesia seharusnya menjadi tuan rumah dalam strategi peningkatan kunjungan wisatawan nasional dan internasional.

Khususnya melalui pengembangan optimalisasi hub dan spoke bandara-bandara nasional yang tentunya juga memiliki daya saing tersendiri atas posisi strategis geografis dan keunggulan konektivitas penerbangan nasional.

“Komit pengembangan sektor kepariwisataan sebaiknya juga turut diselaraskan dengan upaya proteksi berkelanjutan terhadap sektor industri penunjangnya, yang salah satunya adalah industri penerbangan nasional,” kata dia. (omy)

loading...