Angkasa Pura 2

Dosen dan Taruna PKTJ Tegal Ciptakan Model Edukasi Keselamatan Untuk Anak-Anak SD/MI

SDMSabtu, 23 Maret 2019
IMG-20190323-WA0003

IMG-20190323-WA0004

TEGAL (BeritaTrans.com) – Dosen Management Penyuluhan Dra.Tri Susila Hidayati, M.SI bersama Taruna-taruni PKTJ Tegal Jawa Tengah (Jateng) menciptakan Model Edukasi Keselamatan untuk anak anak SD khususnya kelas V danVI. materi edukasi ini dikemas dalam bentuk Siaga Keselamatan LLAJ.

“Dalam siaga Keselamatan LLAJ ini, dirancang satu guru/ pembina Pramuka untuk menggerakkan satu sekolah. Dengan begitu, diharaan bisa efektif dan mampu menjangkau wilayah yang lebih luas,” kata Susi, dalam perbincangan dengan BeritaTrans.com, Sabtu (23/3/2019).

Selanjutnya, Guru tersebut akan menggerakkan siswa satu sekolah bersam guru-guru dan kepalasekolah (kepsek) masing-masing.

Dalam praktiknya, bisa diintegrasikan dalam kegiaan Pramuka di SD/ MI. Seperti dikethaui, Pramuka merupakan saah satu kegiatan ekstrakurikuler di setiap sekolah khususnya SD/MI di Indonesia.

Sebelumnya diawali dengan pembekalan atau Bimbinganteknik (Bimtek) mengenaikeselamatan LLAJ ini. “Seorang guru atau Pembina Pramuka diberikan bimbingan teknis tentang materi Keselamatan LLAJ untuk anak anak SD dan skenario Pramuka tingkat Siaga Keselamatan,” kata Susi lagi.

IMG-20190323-WA0001

Bimtek Keselamatan Untuk Guru-Guru

Dalam proses Bimtek LLAJ ini, menurutsusil, didahului pretest dan diakhiri postes. Dalam praktiknya nanti
seoramg Guru/ Pembina Pramuka akan menjadi agen untuk melatih siswa satu sekolah.

“Sasaran permainan Pramuka Siaga untuk anak anak SD kelas IV, V dan VI.
Tetapi pada saat permainan ditonton anak anak SD kelas 1, II dan III,” papar Susi.

Sementara, menurut Susi, dalam Permainan Siaga Keselamatan, dibagi menjadi 5 Pos Games. “Mereka adalah
Pos 1 Edukasi bersama, Pos 2 Edukasi Helm, Pos 3 Edukasi Marka Rambu,
Pos 4 Edukasi Menyebrang Jalan
Pos 5 Yel yel keselamatan,” terang Susi.

Selanjutnya, agar kegiatan makin seru pada akhir acara dipilih Tim Terbaik dengan hadiah, meski materinya cukup sederhana. “Dengan begitu, akan menciptakan situasi persaingan antar tim agar menjadi yang terbaik,” kilah Susi yang jua Buda SALUD itu.

“Uji coba Siaga Keselamatan LLAJ yang pertama tahun 2019 di SD/ MI 2 Pecabean Kab Tegal. Rangkaian acara berjalan lancar dan sukses. Ratusan siswa didampingi guru dan orang tua ikut menyaksikan acara ini sampai usai. Diharapkan mereka akan menjadi kader penyebar virus keselamatan bagi anak-anak dan lingkungannya,” tandas Susi.(helmi)

loading...