Angkasa Pura 2

PPD Sambut Baik dan Siap Bermitra Dengan MRT Jakarta

KoridorSaturday, 23 March 2019

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Manajemen Perum PPD menyambut positif akan segera beroperasinya MRT Jakarta di koridor Leba Bulus-Bundaran HI Jakarta. “Keahdiran MRT akan menambah alternatif angkutan umum massal di Kota Jakarta,” kata Dirut Perum PPD Pande Putu Yasa di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, PPD akan menjalin kemitraan dengan MRT Jakarta, terutama untuk menyiapkan angkutan feeder bagi angkutan berbasis rel itu. “PPD fokus akan menjadi feeder MRT. Jadi, kita akan bersinergi dengan MRT Jakarta nanti,” jelas Putu menjawab BeritaTrans.com, kemrain.

Sebelumnya, PPD juga bermintra dan menjadi feeder bagi TransJakarta. Hampir semua koridor TranJakarta ada bus PPD yang melayani. Saat ini, sedikitnya 450 bus PPD tiap hari beroperasi menjadi feeder TransJakarta.

“Sinergi dan kerja sama itu cukup bagus. Masing-masing bisa bermain dan mempunyai pangsa pasar sendiri-sendiri,” jelas Putu lagi.

Tangsel dan Pengembang Properti

Dia menambahkan, manajemen PPD sudah menjalin kerjasama kemitraan dengan Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) dan beberapa pengembang properti seperti Lippo, Sumarecon, Sinar Mas dan lainnya.

“PPD diminta menyiapkan angkutan internal di kawasan perumahan itu. Selain itu juga melayani trayek Trans Jabodetabek terutama dari sejulah titik di Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel),” terang Putu.

Dengan begitu, aku dia, PPD siap membuka layanan TransJabodetabek, JR Coonexion bahkan JA Connexion khususnya dari daerah Tangsel. “Saat ini, beberapa titik di Tangsel sudah dilayani bus-bus PPD,” urai Putu.

Seperti diketahui, Ditjen Hubdat Kemenhub tahun 2018 lalu menyerahkan 1.000 bus baru, termasuk diantara kepada Perum PPD. BUMN transportasi darat ini menerima sekitar 300 unit bus.

Mereka langsung dioperasikan ke berbagai titik, terutama untuk melayani angkutan umum ke Kota Jakarta. “Saat ini, bus Transjabodetabek premium dari PPD load facornya sudah mencapai 100% bahkan lebih,” sebut Putu lagi.

Diharapkan, tambah dia, rute-rute baru nanti bisamendapat respin positif warga masyarakat. “PPD siap bersaing dalam pelayanan. Biar nanti masyarakat yang menilai dan menentukan pilihannya,” tegas Putu.(helmi)