Angkasa Pura 2

3 Bus DAMRI Mulai Layani Bulukumba – Pasangkayu

KoridorSenin, 25 Maret 2019
eneral-manager-gm-damri-makas (1)

BULUKUMBA (BeritaTrans.com) – Manajemen Perum DAMRI mulai mengujicoba tiga bus untuk melayani penumpang rute Bulukumba – Pasangkayu.

Bus tersebut kini telah berada di Terminal Pasar Sentral Bulukumba, sekitar 158 kilometer selatan kota Makassar.

General Manager (GM) Damri Makassar, M Ilyas Haryanto mengantar langsung Bus Damri tersebut sekaligus melakukan pelepasan uji coba, Jumat (22/3/2019).

Ilyas menjelaskan, keberadaan bus yang melayani rute Bulukumba-Pasangkayu, telah lama diminta oleh Pemkab Bulukumba melalui Dinas Perhubungan (Dishub).

“Ini permintaan Bupati Bulukumba, bagaimana menghadirkan negara untuk masyarakat. Memudahkan masyarakat bertransportasi,” ujar Ilyas.

Selama masa percobaan, kata Ilyas, pihaknya memberikan diskon 20 persen kepada penumpang.

Jika dari harga normanya sebesar Rp250 ribu, selama masa percobaan, satu penumpang cukup membayar Rp200 ribu untuk rute Bulukumba-Pasangkayu.

“Diskon ini berlaku selama masa uji coba. Saya tidak tahu sampai kapan. Yang jelas sebelum bupati luncurkan secara resmi,” kata Ilyas.

Bendahara Organisasi Angkutan Darat (Organda) Bulukumba, Ismail, mengaku mengapresiasi Pemkab Bulukumba dengan adanya bus tersebut.

Pasalnya, banyak warga Bulukumba yang saat ini bertani di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

“Banyak penumpang memang kesana. Rata-rata itu di Karossa Mamuju Utara,” kata dia.

Dengan adanya Bus Damri tersebut, kini penumpang dapat mengefisiensikan waktu jika ingin bertolak ke Sulbar.

Sekadar diketahui, rute Bus Damri ini diantaranya Bulukumba, Sinjai, Bone, Soppeng, Sidrap, Pinrang, Polman, Majene, Mamuju, dan Pasangkayu.

Armada yang akan digunakan yaitu Bus Rapid Transit, yang sebelumnya dimanfaatkan untuk melayani warga Mamminasata.

Bus ini memiliki 45 kursi, bagasi, dan pendingin. Agar lebih nyaman dalam perjalanan Damri juga menyiapkan audio live musik bagi penumpang.
(TribunBulukumba.com)

loading...