Angkasa Pura 2

Banyak Kecelakaan pesawat, Diduga Pilot Lack of Awareness Kendalikan Pesawat

Kokpit SDMSenin, 25 Maret 2019
FB_IMG_1553481221858

FB_IMG_1553481226800

CURUG (BeritaTrans.com) – Banyaknya kecelakaan pesawat terbang dalam 20 tahun terakhir ini, diduga karena pilot lack of awareness mengendalikan pesawat ketika pesawat tiba-tiba bermanuver yang tidak biasa.

“Hal ini penting diantisipasi, dalam meningkatkan pentingnya standard calls out pada seluruh fase penerbangan dan melaksanakan pelatihan bagi pilot dalam pengembalian kendali pada berbagai fase krisis, perlunya upset prevention & recovery training, kata @novyanto widadi.

Guna mengantasi damapk negatif tersebut, menurut Ketua STPI Curug itu, perlu untuk memitigasi loss of control. “Caranya dengan memasukkan pelatihan tersebut pada simulator yang wajib dilakukan rutin oleh pilot, sekali dalam 6 bulan,” jelas Capt. Novy.

Dia menambahkan, STPI sebagai penyedia SDM Pilot melakukan kajian dan tindak lanjut, membantu pemerintah khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan Udara yang telah menganalisa dan melakukan tindakan perbaikan terhadap permasalahan teknis yang terjadi pada komponen-komponen penting.

“STPI berkomitmen memberikan pelatihan kompetensi yang tersinergi dengan baik akan kebutuhan industri penerbangan dan comply dengan regulasi,” tandas Capt. Novy.(helmi)

loading...