Angkasa Pura 2

Maskapai Lirik Penerbangan dari Bandara Cakrabhuwana Cirebon

Bandara KokpitSelasa, 26 Maret 2019
IMG-20190326-WA0036

IMG-20190326-WA0035

CIREBON (BeritaTrans.com) – Maskapai penerbangan mulai melirik penerbangan dari dan ke Bandara Cakrabhuwana, Cirebon.

Fasilitasnya sudah lengkap, tower ATC sudah tersedia dan memiliki landasan pacu 1.200 meter dengan lebar 30 meter, memungkinkan pesawat jenis ATR dapat mendarat.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas III Mark Ferdinand menyebutkan, maskapai Wings Air telah menyampaikan ketertarikannya.

“Mereka berminat untuk terbang ke Kalimantan,” jelas Mark tanpa menyebutkan dengan pasti wilayahnya di Cirebon, Selasa (26/3/2019).

Terhadap maskapai yang akan mulai terbang dari Cirebon, dikatakan Mark, bila sudah resmi mengajukan maka pihaknya akan menyampaikan ke Direktorat Angkutan Udara untuk selanjutnya dilakukan klarifikasi dan Flight Aprroval (FA).

Saat ini penerbangan di Bandara Cakrabhuwana kata dia masih sebatas untuk VIP, kunjungan Presiden, dan arena terbang pesawat latih lima sekolah penerbangan.

Kelima sekolah itu antara lain Angkasa Flying School, Lion Air Flying School, Global Flying School, Profilght Pilot School Cirebon, dan Sekolah Penerbangan PSPP Cirebon.

Disinggung kemungkinan dilakukan perluasan bandara, Mark mengatakan bahwa hal itu dapat saja dilakukan.

“Perluasan area dapat dilakukan dengan koordinasi Pemda setempat. Inovasi untuk kemajuan UPBU dan memperbesar diupayakan karena sekaligus mempermudah konektivitas masyarakat Cirebon dan sekitarnya,” pungkas dia. (omy)

loading...