Angkasa Pura 2

Pesawat British Airways Tujuan Jerman Malah Nyasar ke Skotlandia

KokpitSelasa, 26 Maret 2019
british-airways_20160418_103637

EDINBURGH (BeritaTrans.com) – Penumpang pesawat British Airways dikejutkan dengan insiden salah tujuan.

Pada Senin (25/3/2019), pesawat seharusnya menuju kota Dusseldorf di Jerman, tapi malah mendarat di Edinburgh, Skotlandia. Jarak kedua kota itu sekitar 800 kilometer.

Mulanya para penumpang tak sadar mereka menuju Edinburgh, sampai pilot membuat pengumuman. Tidak disebutkan ada berapa penumpang dan kru di dalam pesawat.

Setelah itu, kru baru sadar mereka salah tujuan. Pengalihan ini tampaknya disebabkan rencana penerbangan yang salah.

Meskipun pesawat berlabel British Airways, penerbangan tersebut dioperasikan perusahaan Jerman WDL melalui kesepakatan sewa.

Seorang penumpang yang juga konsultan manajemen, Sophie Cook (24), mengatakan, pilot membuat pengumuman dan penumpang menganggap itu lelucon.

“Pilot mengatakan dia tidak tahu bagaimana hal itu terjadi. Dia mengatakan tidak pernah terjadi sebelumnya dan kru berusaha mencari tahu apa yang bisa mereka lakukan,” kata pria yang biasa melakukan perjalanan dari London ke Dusseldorf setiap pekan itu.

Pesawat tetap berada di Edinburgh selama 2,5 jam.

“Itu membuat saya frustasi. Toilet ditutup dan mereka kehabisan makanan. Kondisinya juga sangat pengap,” kata Cook, dikutip dari BBC, Selasa (26/3/2019).

Beberapa penumpang mengunggah kejadian ini di Twitter untuk menyampaikn rasa frustrasi mereka.

Salah satunya, “@British_Airways bisa tolong jelaskan bagaimana penerbangan pagi saya lepas landas dari LCY ke Dusseldorf tapi mendarat di Edinburgh,” tulis penumpang Son Tran.

Dilansir New York Times, kesalahan terjadi pada dokumen yang diajukan oleh perusahaan Jerman yang telah mencarter pesawat, WDL Aviation.

Perusahaan tersebut salah dalam mengajukan rute kepada pengontrol lalu lintas udara.

“Kami bekerja sama dengan WDL Aviation yang mengoperasikan penerbangan atas nama British Airways sedang bekerja menemukan penyebab rencana penerbangan yang salah diajukan,” kata British Airways dalam pernyataannya.

Disebutkan pula, pilot tidak tersesat karena dokumen perjalanan menunjukkan penerbangan itu memang menuju Edinburgh.

British Airways bekerja sama dengan WDL akan menyelidiki bagaimana kekacauan ini bisa terjadi.

Para penumpang kemudian diterbangkan ke Dusseldorf.

“Tidak ada waktu bagi terganggunya keselamatan penumpang. Kami menerbangkan penumpang dalam penerbangan dengan nomor BA3271 ke Dusseldorf setelah singgah di Edinburgh,” kata WDL.

loading...