Angkasa Pura 2

Angkutan Umum Massal Jadi Solusi Atasi Kemacetan Lalu Lintas di Kota Besar

Emplasemen KoridorKamis, 28 Maret 2019
WhatsApp Image 2019-03-28 at 14.50.43

JAKARTA (Be4itaTrans.com) – Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan transportasi perkotaan menjadi perhatian khusus, dimana angkutan massal berbasis rel dapat menjadi solusi mengatasi kemacetan.

Kemacetan lalu lintas di kota-kota besar seperti Jakarta, Ba dung, Semarang, Surabaya dan lainnya harus segera diatasi. Saat ini, kemacetan lalu lintas menjadi momok menakutkan yang harus segera dicarikan solusinya.

Solusinya adalah membangun moda angkutan umum massal berbasis rel. Di Jakarta misalnya, kini sudah ada KRL, kemudian MRT yang baru diresmikan. Segera menyusul LRT Jakarta. Dana sebelumnya LRT Palembang Sumatera Selatan.

“Di Jabodetabek setiap harinya jumlah pergerakan manusianya sebesar 49,5 juta pergerakan yang dimana 24,9 juta pergerakan di dominasi pengemudi sepeda motor dan kendaraan pribadi sehingga Jabodetabek menjadi wilayah yang tingkat kemacetan yang tinggi” kata Menhub Budi Karya di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Angkutan umum berbasis jalan raya di Jakarta dan Jabodetabek juga ada dan cukup baik. Mulai Transjakarta, Transjaodetabek, JA Connexion, JR Connexion dan lainnya.

“Untuk itu dengan adanya MRT dan LRT diharapkan masyarakat dapat menyongsong peradaban baru untuk mengubah perilakunya untuk menggunakan transportasi umum. Mari naik angkutan umum, agar dapat mengurangi kemacetan dijalan” tambah Menhub Budi Karya.

Lebih lanjut Menhub berharap seluruh program dan Infrastruktur yang telah dibangun dapat dimanfaatkan secara optimal sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(helmi)

loading...