Angkasa Pura 2

Dirjen Budi Berharap Anggota IKAALL Bisa Berperan Lebih Besar Dalam Membangun Transportasi Darat di Tanah Air

Koridor SDMFriday, 29 March 2019

IMG-20190329-WA0080

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Budi Setiyadi yang juga Pembina IKALL-STTD memberikan pengarahan pada acara Rakernas dan Seminar IKAALL 2019 di Bandung, Jumat (29/3/2019).

“Kehadiran IKAALL dan seluruh anggotanya seharusnya mampu memberikan kontribusi lebih besar pada bangsa dan negara, termasuk upaya membangun dan membenahi transportasi darat di Tanah Air,” kata Dirjen Budi.

Saat ini, banyak anggota IKAALL yang berkiprah di Pemerintah/Kemenhub, BPTD, Dinas Perhubungan di seluruh Tanah Air. “Mereka paling tahu kondisi di lapangan, apa yang mesti dilakukan untuk membangun sistem transportasi yang baik dan berkelanjutan nanti,” jelas Dirjen Budi.

Banyak kebijakan sektor transportasi mulai UU, PP, Perpres serta PM dan KM di Kementerian Perhubungan yang harus terus di-up date dan disesuaikan dengan dinamika dan kebutuhan zaman.

“Perkembangan ilmu dan teknologi (iptek) khususnya di bidang informasi sangat pesat, termasuk di sektor transportasi. Semua harus diakomodir dan ada payung hukumnya yang jelas dan tegas,” kilah Dirjen Budi.

Kendati begitu, kilah mantan Pati Polri itu, Kemenhub khusunya Ditjen Hubdat tak serta merta bisa mengubah kebijakan tersebut. Butuh kajian mendalam, saran dan masukan pakar dan akademisi di Tanah Air.

“Disini para anggota IKAALL dengan ribuan anggotanya bisa mengambil peran lebih besar disini,” harap Dirjen Budi didampingi Ketua Umum DPP IKAALL Haris Muhammadun, Direktur Transportasi Jalan Ahmad Yani dan Direktur Prasarana Jalan M. Risal Wasal.

Dirjen Budi percaya, banyak anggota IKAALL yang ahli di bidang transportasi jalan dan lainnya. “Mereka melalui IKAALL bisa menjadi mitra Pemerintah/ Ditjen Hubdat mengatur dan mengelola transportasi darat yang makin baik dan berkelanjutan nantinya,” tandas Dirjen Budi. (helmi)