Angkasa Pura 2

Balitbanghub Tawarkan Program MCB sebagai Solusi Kurangi Beban Jalan

Dermaga Koridor LitbangSenin, 1 April 2019
FB_IMG_1554118697206

FB_IMG_1554119316782

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Melalui berbagai penelitian dan pengembangan serta inovasi tiada henti, Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbnghub) menawarkan program baru Motorized Container Barge (MCB).

Menurut Kepala Balitbaghub Sugihardjo, saat ini peluang usaha logistik di Indonesia kian meningkat, namun tidak dibarengi oleh peningkatan infrastruktur yang mumpuni.

“Badan Litbang Perhubungan menawarkan sebuah program MCB sebagai solusi alternatif dengan memindahkan muatan yang melewati jalur pantura untuk diangkut melalui jalur laut,” jelas Sugihardjo disela membuka Diskusi di Jakarta, Senin (1/4/2019).

MCB juga bagian salah satu solusi, agar jalur pantura tidak rusak terus menerus karena tingginya volume kendaraan berat yang melaluinya.

Selain itu juga, dengan adanya MCB ini kata Sugihardjo, diharapkan bisa menghemat biaya perawatan jalan, menghemat pemakaian bahan bakar, dan menurunkan risiko kecelakaan lalu lintas akibat pengemudi dan kernet angkutan barang yang kelelehan karena berkendara dengan jarak yang jauh.

“Semoga solusi alternatif ini bisa melancarkan usaha logistik di Indonesia,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Diskusi diikuti Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Laut Capt. Sahatua, Kepala Puslitbang Udara M. Alwi dan para pembahas. (omy)

loading...