Angkasa Pura 2

ADA MUDIK GRATIS KAPAL RO-RO, KEMENHUB SERUKAN TAK MUDIK GUNAKAN SEPEDA MOTOR

KoridorSelasa, 9 April 2019
IMG-20190312-WA0020

Mudik Gratis Sepeda Motor - kapal Laut

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) sedang giat- giatnya menyerukan mudik tanpa sepeda motor dengan menggunakan Roll On- Roll Off (Ro-Ro/ kapal penyeberangan).

Melalui program Mudik Gratis 2019, Kemenhub menyatakan ingin mempercepat peralihan kebiasaan masyarakat saat mudik dari menggunakan sepeda motor menjadi menggunakan kendaraan umum, khususnya kapal penyeberangan.

Demikian disampaikan Direktur Angkutan Jalan, Ahmad Yani sembari menjelaskan beberapa persiapan teknis maupun perkembangan program Mudik Gratis 2019 yang tengah dilakukan oleh Ditjen Hubdat, pada Senin (8/4/2019).

“Salah satu keuntungan mudik dengan kapal Ro-Ro yaitu anti macet dan waktu tibanya pasti sehingga masyarakat dapat memastikan kapan akan tiba di tujuan. Sama seperti tahun sebelumnya, kali ini kami menyediakan 3 buah kapal Ro-Ro,” ujar Yani dalam awal penyataannya tersebut.

Untuk mudik Lebaran tahun 2019, ini Ditjen Hubdat menyiapkan 3 buah kapal Ro- Ro untuk melayani rute Jakarta- Lampung, Jakarta- Semarang, dan Jakarta- Surabaya serta arah sebaliknya.

Ketiga jenis kapal ini menggunakan kapal Ro-Ro dengan volume 5.000 Gross Tonnage (GT). Kapasitas angkut kapal yang digunakan yaitu sebanyak 500 motor dan 1.000 penumpang tiap kapalnya.

Rencana pemberangkatan ketiga kapal Ro-Ro yang digunakan untuk arus mudik akan diberangkatkan pada tanggal 1 Juni 2019 serentak untuk ketiga rute.

Sementara itu untuk arus balik akan diberangkatkan serentak pada 8 Juni 2019 dari Surabaya (Pelabuhan Tanjung Perak), Semarang (Pelabuhan Tanjung Mas), dan Lampung (Pelabuhan Panjang).*helmi

loading...