Angkasa Pura 2

Hadirkan Lingkungan Transportasi Darat Yang Prima, BPTD Wil XVIII Gelar Giat Sosialisai Peduli Gerakan P4GN dan Germas

Aksi Polisi Koridor SDMSelasa, 9 April 2019
IMG-20190409-WA0015

IMG-20190409-WA0012

KENDARI (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Setditjen Perhubungan Darat bekerjasama Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wil. XVIII, BNN Prov.Sultra dan Dinas Kesehatan Provinsi Sultra melaksanakan kegiatan Sosialisasi P4GN dan Germas di Kendari, Selasa (9/4/2019).

Keperihatinan Kemenhub terhadap Pencegahan, Pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di Indonesia telah mendorong lahirnya Peraturan Bersama Menteri Perhubungan dan Kepala BNN Nomor PM 9 Tahun 2012 terkait perlunnya SOP penanganan P4GN dan telah dikeluarkan PM nomor 17 tahun 2012 tentang SOP P4GN dan Psikotropika di Sektor Transportasi.

Kepala BPTD Wilayah XVIII Sultra Benny Nurdin Yusuf dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan sosialisai ini bertujuan untuk memberi pemahaman terkait bahaya P4GN dan Germas kepada semua insan perhubungan darat. “Saya berharap bahwa melalui kegiatan sosisalisai P4GN dan Germas bisa mengedukasi semua pejabat dan staf terkait Budaya melawan Narkoba dan pentingnya membudayakan Germas,” kata dia di Kendari.

Sebagai ujung tombak di lapangan maka pelayanan transportasi darat di Sultra harus prima, salah satunya adalah bahwa staf wajib terbebas Narkoba dan membudayakan hidup sehat “Salah satu peluang besar jalur masuknya peredaran narkoba adalah di simpul transportasi,” jelas Benny.

Olehnya sosialisai ini akan memberi pemahaman dalam penerapan SOP P4GN di sektor transportasi, dan mendorong hadirnya lingkungan transportasi yang Bersih, sehat dan nyaman termasuk petugas yg melakukan pelayanan jasa transportasi harus sehat dan terbebas dari Narkoba,” papar Benny.

Benny menambahkan bahwa sejak hadir di Sultra pada awal Maret 2019 BPTD Sultra mulai menggulirkan program Menghadirkan Zona Keselamatan Transportasi Darat, yang salah satu tujuannya adalah mendorong terciptanya lingkungan transportasi yg sehat, bersih dan nyaman.

“Salah satu program kami adalah Jumat Sehat dan Bersih di Simpul Transportasi dan ruas ruas jalan nasional di Sultra. Kami sudah memulai pada jumat pagi Minggu 2 kami melaksanakan bersih bersih di terminal, UPPKB dan Pelabuhan Penyeberangan,” terang Benny.

Narsum dan Dinas Keaehatan dan BNNP

Pada kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sultra Sultan Andi Bakri dan Penyuluh Narkoba Ahli Muda BNN Prov.Sultra Ibu Lily Saus. Serta menghadirkan Bapak Aminuddin Anhar dan Ibu dr. Widya Pravita Sari dari Setdijen Perhubungan Darat yang akan melaksanakan giat tes Urine.

“Tindaklanjut dari Instruksi Menteri Perhubungan Nomor IM 6 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Tes/Uji Narkoba
Bagi Seluruh ASN Kemenhub, maka hari ini kita juga melaksanakan tes urine ujar Aminuddin Anhar yang juga Kasubag umum Bagian Kepegawaian.”

“Sejak dikekuarkannya IM 6/2016 sudah kurang lebih 3.420 pegawai kemenhub yang menjalani tes urine ” tandas dr.Vita panggilan akrab dari yang berpflaras cantik dari Setfitjen Perhubungan Darat itu.(helmi)

loading...