Angkasa Pura 2

2019, ATKP Medan Siap Terima Taruna Polbit, Ini Prodinya

SDMJumat, 12 April 2019
IMG-20190412-WA0012

IMG-20190412-WA0009

MEDAN (BeritaTrans.com) – Kampus Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Medan siap menerima tiga kelas taruna pola pembibitan (polbit) tahun 2019. Kuota tersebut yang diberikan Pemerintah melalui Kementerian PAN dan RB.

“Ada tiga program studi (prodi) yang akan menerima taruna polbit tahun ini, yaitu TPU (Teknik Pesawat Udara), PLLU (Pemanduan Lalu Lintas Udara) dan Teknik Navigasi Udara (TNU),” kata Direktur ATKP Medan Suyatmo, ST, MT, menjawab BeritaTrans.com di Medan, Kamis (11/4/2019).

Menurutnya, dari tiga prodi tersebut masing-masing akan menerima satu kelas, dengan kapasitas 24 taruna. Mereka akan dipilih dari putra-putri terbaik bangsa yang lolos seleksi.

“Mereka (taruna polbit) akan disaring dari peserta yang mendaftar. Tentunya melalui proses Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) tahun 2019 ini,” jelas Suyatmo disela-sela kuliah umum dari Irjen Kemenhub Wahju Satrio Utomo itu.

Seperti diketahui, pendaftaran SIpencatar Polbit sudah dibuka resmi dari tanggal 9 April 2019 kemarin selama sebulan lamannya. Proses pendaftaran dilakukan secara online dan informasi selengkapnya bisa menghubungi ATKP Medan atau klik web kampus yang bersangkutan.

“Bagi mereka (calon taruna) yang lolos seleksi administrasi, akan dilanjutkan ke proses seleksi tahap berikutnya,” tukas Suyatmo.

Adapun tahapan seleksi Sipencatar tersebut antara lain meliputi tes potensi akademik (TPA), tes kesamaptaan, tes kesehatan, tes wawancara dan tes psikologi serta tes pemantauan terakhir (pantokir).

Jika lolos semua tahapan seleksi itu, akan diterima dan selanjutnya mengikuti masa dasar pembentukan karakter (madatukar) selama sebulan sebelum masuk ke kampus menjalani diklat.

Sesuai rencana, tambah dia, ATKP Medan tajun ini juga akan menerima satu kelas taruna program mandiri. Proses seleksinya dilakukans etelah Sipencatar Polbit selesai.

“ATP Medan bisa menerima satu kelas lagi dengan kapasitas 30 taruna. Tentunya sesuai hasil seleksi yang akan dilakukan pihak panitia,” tegas Suyatmo.(helmi)