Angkasa Pura 2

Jalur KA Layang Medan-Bandara Kuala Namu Siap Dioperasikan Akhir April 2019

Bandara Emplasemen KoridorJumat, 12 April 2019
IMG-20190413-WA0009

IMG-20190413-WA0011

MEDAN (BeritaTrans.com) – Dengan menggunakan lori untuk pengecekan jalur kreta api (KA), Irjen Kemenhub Dr. Wahju Satrio Utomo, bersama Inspektur II Drs. Imam Hambali dan Kepala Balai Teknik Perkeretaapian kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara Setiyo, melakukan peninjauan jalur rel layang (elevated) dari Stasiun Besar Medan menuju ke Bandara Kuala Namu, Sumatera Utara.

Pengecekan jalur ka layang ini dilakukan Jumat (12/4/2019) pagi, guna memastikan  infrastruktur KA itu  aman dan laik jalan. Sesuai target, jalur KA layang itu akan dioperasian mulai akhir April 2019 mendatang.

Pantauan BeritaTrans.com di lapangan, perjalanan dan proses  pengecekan jalur KA layang di Medan berjalan lancar. Jalur KA baik dan secara teknis siap untuk dioperasikan.

Jalur kA  layang khusunya untuk melayani KA Bandara rute Medan- Kuala Namu PP, dibangun layang guna menghindari perlintasan sebidang. Proyek itu sekaligus menghilangkan potensi kemacetan di jalan arteri kota Medan.

IMG-20190413-WA0012

Irjen Kemenhub Warju Satrio Utomo usai peninjauan menyatakan kepuasannya. “Semoga  proses uji coba dan operasionalnya nanti aman, lancar dan selamat,” kata Tommy, sapaan akrab dia.

Tommy berpesan kepada para pihak khususnya Baai Teknik Keselamatan KA dan PT KAI mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan komit menerapkan kaidah keselamatan dengan baik dan optimal.

Sementara, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara Setiyo mengaku, pihaknya bersama  KAI Sumbangut optimis mampu mengoperasikan  jalur KA Layang dari Stasiun Medan menuju Bandara Kuala Namu.

“Jalau layang KA spajang 5,8 km itu sudah  selesai dibangun, dan telah dilakukan uji coba beban dengan baik. Hari ini juga ditinjau Irjen Kemenhub dan tim berjalan aman dan lancar,” tandas Setiyo.

IMG-20190413-WA0010

Hemat Waktu Perjalanan

Ke depan, penumpang KA Bandara akan berangkat dari lantai atas Stasiun Medan, dan KA melaju melalui jalan layang. Setelah sekitar 5.8 km, akan kembali turun ke jalur reguler.

Perjalanan KA Banara dari Medan menuju Bandara Kuala Namu bisa ditempuh selama satu jam. Sementara, jika menggunakan kendaraan darat, baik taksi atau mobil pribadi perjalanan akan ditempuh sampai dua jam bahkan lebih.

Tike KA Bandara sebesar Rp100 ribu/ orang. Sebaliknya, jika naik taksi atau carter bisa menghabiksan dana sampai Rp200 ribu. (helmi)

loading...