Angkasa Pura 2

Jaringan KA Binjai-Langkah Hampir Selesai Dibangun, Target Operasi Agustus 2019

Emplasemen itjen KoridorSabtu, 13 April 2019
IMG-20190413-WA0023

IMG-20190413-WA0020

LANGKAT (BeritaTrans.com) – Reaktivasi jalur kereta api (KA) di Kota Medan menuju Binjai dan Langkat sampai Besitang (perbatasan) Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh akan segera selesai dan siap beroperasi. Perjalanan pun makin enak, nyaman serta jaminan keselamatan tinggi sekaligus bebas macet.

Targetnya, Agustus 2019, KA wilayah Sumbangut ini siap beroperasi (dari Medan) sampai Binjai dan Langkat bahkan ke Besitang (Sumut). Ke depan, jalur KA akan mampu menghubungkan dari Medan Sumut ke Provinsi Aceh Darussalam.

Demikian terungkap dalam  kunjungan kerja dan peninjauan jalur KA dari Binjai ke  Langkat, Sumut,   oleh Irjen Kemenhub Dr. Wahju Satrio Utomo dan Tim didampingi Kepala Balai Teknik Perkeretaapian kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara Setiyo,  Jumat (12/4/2019).

IMG-20190413-WA0021

Proses reaktivittas dan pembangunan jaringan KA khususnya di lintas Pemkab Binjai, Langkat Sumut  sudah mendekati 98%.  Jalur KA sepanjang sekitar 50 km, antara Binjai-Stabat Langkat sudah selesai. Selain itu juga tujuh stasiun KA baik kelas menengah dan kecil juga siap dipakai untuk umum.

“Pembangunan prasarana KA khususnya jalur KA, stasiun, signal dan jaringannya hampir selesai total. Kini tinggal peresmian dan menanti KA yang akan dioperasikan,” kata Atok, salah satu subkontraktor menajwab pertanyaan Irjen Kemenhub meninjau Stasiun Kwala Bingei dan Stasiun Stabat, Langkat Sumut.

“Kini tinggal proses finishing minor.  Khusus untuk furniture perkantoran, ruang tunggu, kran air dan lainnya akan dilengkapi menjelang serah terima dari kontraktor. Kalau dipasang sekarang,  dikhawatirkan rusak atau hilang karena ulah oknum tak bertanggungjawab,” kilah Atok.

IMG-20190413-WA0019

Hemat 50% Waktu Perjalanan

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara Setiyo kepada Irjen Kemenhub Wahju Satrio Utomo mengatakan, pihaknya bersama KAI optimis dan siap mengoperasikan jaringan KA khususnya lintas BInjai-Langkah. 

“Secara bertahap, akan dilanjutkan sampai ke Besitang, perbatasan  Sumut-Aceh. Target kita, KA di lintasan Binjai-Langkat siap īberoperasi. Targetnya, Agustus 2019 sudah beroperasi,” papar Setiyo.

Dengan beroperasian KA Medan-Binjai-Langkat (Stasiun Stabat) akan menghemat waktu tempat. Biaya perjalanan dengan KA juga lebih murah dibanding naik mobil pribadi, atau naik taksi sampai ke Medan.

IMG-20190413-WA00220

“Perjalanan darat dari Langkat (Stabat) sampai Medan butuh waktu 2 jam lebih. Jika nanti KA sudah beroperasi, bisa ditempuh sekitar 1 jam. Perjalanan KA tentu lebih nyaman, dan bebas macet,” papar Setiyo berpromosi.

Ke depan, menurut Setiyo, jaringan KA Sumbangut akan menjangkau wilayah Sumut, mulai Rantau Prapat-Medan ke Langkat bahkan sampai Besitang, di perbatasan Sumut-Aceh.

“Dari Stasiun Besar Medan, penumpang bisa pindah KA Bandara menuju Bandara Kuala Namu, di Deli Serdang. Jika semua jaur KA sudah dioperasikan, dipastikan perjalanan makin nyaman dan bebas macet menuju  bandara,” tegas Setiyo.(helmi)

loading...