Angkasa Pura 2

2019, BPTD VII Sumsel Alokasikan Dana Rp51 Miliar Untuk Bangun Sarana Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan

Dermaga KoridorSenin, 15 April 2019
IMG-20190415-WA0021

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Tahun 2019 ini Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) melalui Program Pembangunan dan Pengelolaan Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan (SDP), telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp51 Miliar untuk pembangunan dermaga kapal penumpang (speed boat dan long boat), pembangunan dermaga kapal barang (jukung) serta fasilitas pendukung lainnya juga anggaran untuk Subsidi Operasional Angkutan Sungai.

“Semuanya ini sebagai stimulus penerapan angkutan sungai yang berkeselamatan,” jelas Kepala BPTD Wilayah VII Sumatera Selatan Mangasi Sinaga dalam siaran pers di Jakarta, Minggu (14/4/2019).

Ke depannya, konsep penataan angkutan sungai di Palembang ini akan menerapkan konsep modern dan berkeselamatan, dengan prinsip “Ber- 7” : Ber-Tiket, Ber-Jadwal, Ber-Manifest, Ber-Life Jacket, Ber-Asuransi, Ber-Sertifikat dan Ber-SIB (Surat Izin Berlayar),” jelas Mangasi lagi.

Selain penataan sistem pelayanan angkutan sungai tersebut, Pemerintah juga sedang melakukan penataan terhadap sarana kapal sungai melalui penyusunan Prototipe Kapal Sungai yang berkeselamatan. Kasus-kasus keceakaan kapal termasuk di sungai dan danau jangan sampai terjadi lagi di Indonesia.

“Jadi kalau kapal sungai yang beroperasi saat ini di Sumatera Selatan tidak dan/atau belum sesuai dengan standar prototipe kapal sungai yang dibuat oleh Pemerintah, maka kapal-kapal tersebut akan dilakukan peremajaan,” jelas Mangasi.

Penerapan angkutan sungai yang modern dan berkeselamatan dengan konsep “Ber-7” tersebut ditargetkan akan terlaksana sepenuhnya pada tahun 2020.

“Program Pilot Project Penataan Angkutan Sungai Musi Sumatera Selatan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan dan disambut baik oleh masyarakat Sumatera Selatan,” pungkas Mangasi.(helmi)

loading...