Angkasa Pura 2

2019, Ditjen Hubdat Susun Studi Pendahuluan dan Pra Studi Kelayakan KPBU Pembangunan Terminal Tipe A di Jateng

KoridorSenin, 15 April 2019
20190415_195632

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pada tahun 2019 ini, Ditjen Hubdat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyusun Studi Pendahuluan dan Pra Studi Kelayakan untuk KPBU Pembangunan Terminal Tipe A di Jawa Tengah (Jateng). Kemenhub melalui Ditjen Hubdat kini mengelola 143 Terminal Tipe A di seluruh Indonesia.

“Selain itu, terdapat 17 Terminal Tipe A dan 21 Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bemotor (UPPKB) lainnya dengan beberapa kriteria tertentu yang berpotensi untuk dilakukan kerja sama dengan skema KPBU untuk tahun ke depannya,” kara Dirjen Hubdat Budi Setiyadi saat membuka Capacity Building KPBU di Jakarta, Senin (15/4/2019).

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kata Dirjen Budi, untuk membangun sarana dan prasarana bidang transportasi di lingkungan Kementerian Perhubungan diperlukan anggaran yang besar. Sementara, kemamuan dana di APBN khususnya DIPA Kemenhub sangat terbatas.

“Pada saat ini, KPBU adalah salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mendorong partisipasi swasta, masyarakat dan Pemerintah dalam pelayanan maupun penyelenggaraan sarana dan prasarana transportasi,” jelas Dirjen Budi.

Oleh karena itu, Dirjen Budi berharap agar para Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) di seluruh Indonesia harus mampu dan berani untuk berinovasi dalam pendanaan infrastruktur guna suatu perubahan untuk peningkatan pelayanan di wilayah kerja masing-masing.(helmi)

loading...