Angkasa Pura 2

STTD Bekasi Gelar DPM Untuk Tingkatkan SDM Transportasi Matra Darat

SDMSenin, 15 April 2019
FB_IMG_1555325247943

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kampus STTD Bekasi menyelenggarakan diklat untuk SDM matra darat di berbagai daerah di Indonesia. Pembukaan DPM dilakukan Menhub Budi Karya diampingi Kepala BPSDM Umiyatun Hayati Triastuti dan Ketua STTD Eddy Gunawan, di Jakarta, kemarin.

Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) tahun 2019 ini diberikan sebagai bentuk pelayanan umum ke amsyarakat, sekaligus membantu meningkatkan kualutas SDM transportasi darat di Tanah Air.

Adapun jenis DPM di STTD yakni diklat Keselamatan Berlalu Lintas, Pengelasan, Penjagaan Perlintasan Sebidang, Pemeriksaan Sikap Roda, Pemeliharaan Sepeda Motor.

Kemudian diklat Pemeriksaan Emisi Gas Buang, Pengemudi Profesionalitas Angkutan Umum, Orientasi Lalu Lintas Angkutan Jalan, Pembuatan Rambu dan Marka, dan diklat Penyelenggaraan Parkir.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Umiyatun Hayati mengatakan, DPM merupakan salah satu Program Prioritas Nasional. Tujuannya, agar masyarakat dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan.

Selanjutnya, papar Hayati, mereka bisa meningkatkan taraf hidup setelah bekerja nantinya serta membudayakan keselamatan transportasi sehingga dapat meminimalisir kecelakaan dalam bertransportasi serta sebagai bentuk bahwa Negara atau Pemerintah hadir untuk masyarakat.

Seperti diketahui, BPSDMP telah melaksanakan DPM sejak tahun 2016 termasuk di STTD Bekasi. Pelaksaan DPM sekarang dengan bekerjasama dengan beberapa Instansi dan stakeholder.

“Langkah tersebut dilakukan guna mencari minat para peserta untuk dididik dan dilatih secara profesional oleh Instruktur yang ahli di bidangnya,” tegas Hayati.(helmi)

loading...