Angkasa Pura 2

Sehari Jelang Pilpres/Pemilu, Perum DAMRI Dan Sejumlah Terminal di Jakarta Diminta Siaga

KoridorSelasa, 16 April 2019
Damri Kemayoran

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Manajemen Perum DAMRI menyiapkan antisipasi dan bus tambahan menjelang libur dan pemungutan suara Pilpres dan Pemilu besok, Rabu (17/4/2019). Sejauh ini sudah ada lonjakan permintaan tiket, terutama tujuan Lampung, Wonosono, Purwokerto dan lainnya.

“Sejauh ini masih bisa dilayani dengan baik. DAMRI dengan seluruh SDM dan armadanya siap melayani kalau sampai malam ini ada permintaan tiket yang lebih besar,” kata Senior Manager Pelayanan DAMRI Joni Hendri menjawab BeritaTrans.com di Jakarta, Selasa (16/4/2019).

Menurutnya, Perum DAMRI bukan hanya menyiapkan armada untuk mengantisipasi arus mudik jelang Pemilu. Tapi juga arus balik dari berbagai daerah pascapilpres/ pemilu, terutama yang masih banyak jumlah penumpang/ pengguna bus DAMRI.

Untuk terminal keberangkatan di Jakarta, menurut Joni, bus DAMRI disiapkan di Terminal DAMRI Kemayoran Jakarta Pusat. Selain itu, juga disiapkan di beberapa terminal utama di Jakarta, seperti Terminal Pulo Gebang, Kampung Rambutan, Kalideres, Pondok Cabe dan lainnya.

Terminal Pulogebang

Arus Penumpang di Pulo Gebang Mulai Naik

Ditempat terpisah, Kepala Terminal Pulo Gebang Ismanto mengatakan, lonjakan penumpang menjelang Pemilu dan Pilpres ini mulai terjadi sejak Sabtu akhir pekan lalu.

Ismanto mengatakan, di Terminal Pulo Gebang sejak hari Sabtu-Minggu sampai hari ini Selasa (16/4/2019) menunjukkan hal tersebut (kenaikan jumlah penumpang).

“Memang ada permintaan tambahan ke sejumlah daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sejauh ini, antisipasi secara khusus tidak atau belum ada,” jelas Ismanto lagi.

Namun pihaknya, papar Ismanto, akan berkoordinasi dengan koordinator para Perusahaan oto bus (PO) untuk menjaga dan menyiapkan ketersediaan armada terkait adanya lonjakan penumpang tersebut.

“Secara umum (lonjakan penumpang) dapat dipenuhi oleh armada reguler PO yang beroperasi di Terminal Pulo Gebang,” kilah Ismanto.

Sementara, antisipasi serupa juga dilakukan di Terminal Pondok Cabe, Tangerang Selatan (Tangsel) untuk peningkatan arus penumpang hari ini. “Dan kami diminta untuk siaga,” cetus seorang pegawai yang tak mau disebutkan namanya.

Menurut dia, pimpinan sudah menginstruksikan untuk siaga dan melayani penunmpang bus AKAP dengan sebaik mungkin. “Libur menjelang Pilpres dan Pemilu tahun ini harus sukses dan lancar,” tegas dia.(helmi)

loading...