Angkasa Pura 2

Ingat, Belok Kiri Sekarang Tidak Boleh Langsung

Aksi Polisi KoridorSabtu, 20 April 2019
FB_IMG_1555717551569

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pengguna jalan kerap salah kaprah saat di persimpangan jalan. Salah satunya adalah belok kiri secara langsung meski lampu menunjukkan angka merah. Ini demi tertib lalu lintas sekaligus keselamatan bagi pengguna jalan itu juga.

Regulasi belok kiri boleh langsung memang pernah diperbolehkan sesuai peraturan pemerintan Nomor 43 Tahun 1993, Pasal 59 ayat 3 yang berbunyi “Pengemudi dapat langsung belok ke kiri pada setiap persimpangan jalan, kecuali ditentukan lain oleh rambu-rambu atau alat pemberi isyarat lalu lintas pengatur belok kiri”.

“Namun tahukah Anda, PP 43 Tahun 1993 kini sudah dilakukan revisi. Artinya, Anda tidak lagi diperbolehkan belok kiri secara langsung,” sebut Irawan Panji dan akademisi senior Tri Susilo Hidayati, M.Si di Jakarta.

Menurutnya, kebijakan itu terbit karena Pemerintah telah mengeluarkan Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) sesuai Pasal 112 ayat tiga.

Pasal tersebut, menurut Irawan,. berbunyi, “Pada persimpangan Jalan yang dilengkapi Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas, Pengemudi Kendaraan dilarang langsung berbelok kiri, kecuali ditentukan lain oleh Rambu Lalu Lintas atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas”.

Biasanya, belok kiri yang masih diperbolehkan langsung jika memang ada isyarat berupa papan bertuliskan “belok kiri langsung”.

Sebaliknya, jika di lampus merah tidak ada papar pengumuman belok kiri langsung, maka tidak boleh dilanggar. “Konsekuensinya, jika melanggar aparat bisa mengambil tindakan hukum (tilang) sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” papar Susi menambahkan.

Dia meminta, pengguna jalan khususnya pengemudi kendaraan untuk lebih tertib dan disiplin di jalan raya. Caranya dengan menaati seluruh aturan dan rambu-rambu di jalan.

“Semua itu ujungnya adalah keselamatan di jalan. Jangan coba-coba melanggar lalu lintas, karena dampaknya bisa celaka,” tegas Susi.(helmi)

loading...