Angkasa Pura 2

Ditjen Hubla Siap Layani Angkutan Lebaran 2019, Uji Petik Kapal dan Pelabuhan Tengah Dilakukan

DermagaSenin, 22 April 2019
IMG-20190422-WA0006

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) R. Agus Puromo mengatakan, pihaknya siap mengantisipasi dan menyiaakan armada kapal laut serta SDM yang akan mendoperasikan untuk angkutan Lebaran 2019 mendatang.

“Saat ini, personel Ditjen Hubla telah melakukan uji petik kapal-kapal serta pelabuhan yang akan digunakan untuk melayani angkutan Lebaran nanti,” katanya menjawab BeritaTrans.com, Senin.

Sebelum masa angleb tiba menurut dia, seluruh kapal laut yang mencapai ribuan unit harus sudah selesai dilakukan uji petik dan dinyatakan laik laut. “Jika tidak laik laut, maka tak akan diizinkan untuk dioperasikan,” jelas Agus Purnomo lagi.

Moda angkutan laut siap memberikan pelayanan optimal dengan tingkat keselamatan tinggi. Oleh karena itu, semua fasilitas dan infrastruktur perhubungan laut harus dibenahi dan dipastikan laik operasi.

“Meski jumlah penungguna angkutan laut diproyeksikan naik, tapi jumlahnya relatif kecil dibandingkan moda angkutan lannya. Tapi semua itu tetap akan dilayani dengan baik dan optimal,” tandas Agus Purnomo.

IMG-20190422-WA0007

Angkutan Laut Naik Tipis

Dalam Rakor Angkutan Lebaran disebutkan, angkutan kapal penyeberangan diperkirakan akan mengangkut 4,53 juta penumpang atau meningkat 2,89 persen. Porsinya 20,2 persen dari total penumpang.

Sementara, untuk moda kapal laut nasioal diperkirakan akan mengangkut 1,03 juta penumpang atau hanya naik 3,68 persen.

Sebelumnya, Kemenhub telah melakukan persiapan kepada seluruh moda transportasi menjelang Angkutan Lebaran (Angleb) 2019. “Kami mengumpulkan stakeholder agar secara intensif menyiapkan Anglebtahun ini lebih baik,” kata Menhub BudibKarya Sumadi di Jakarta, Senin.

Menhub Budi Karya Sumadi juga meminta kepada seluruh stake holder mempersiapkan angkutan lebaran tahun 2019 dengan baik demi keselamatan dan kelancaran pada arus mudik dan balik.

Menhub Budi Karya mendorong agar rampcheck pada seluruh moda dapat dilakukan. Pada bus-bus dapat dilakukan rampcheck secara mandiri oleh Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan serta dapat dilakukan perbaikan berdasarkan hasil ramp check.
(helmi)

Foto: Indi Astono, humas Hubla

loading...