Angkasa Pura 2

Jelang Angkutan Lebaran 2019, Menhub Minta Seluruh Moda Ramp Check Armadanya

2019-04-22 20.00.52

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta ramp check seluruh moda transportasi dilakukan menjelang angkutan Lebaran 2019 mendatang. Arus mudik Lebaran tahun ini harus lebih baik, selamat, aman dan nyaman.

“Bus-bus dapat dilakukan ramp check secara mandiri oleh Kemenhub dan Dinas Perhubungan Darat atau BPTD. Ditjen Perhubungan Udara juga dilakukan ramp check pada pesawat. Maskapai juga harus memastikan agar pilot sehat,” kata Menhub membuka Rakor Angkutan Lebaran 2019.

Menhub Budi menjelaskan, ramp check sangat diperlukan karena untuk angkutan Lebaran tahun ini akan didorong isu keselamatan. Meskipun begitu, Budi menegaskan Kemenhub tetap memperhatikan kelancaran arus mudik.

Berkaitan dengan keselamatan tersebut, selain ramp check juga masyarakat diimbau untuk tidak menggunakan sepeda motor saat mudik. “Mengingat angka kecelakaan hingga 70 persen,” tutur Menhub Budi.

Angka Kecelakaan Turun

Menhub juga menjelaskan, angka kecelakaan cukup tinggi pada moda transportasi darat. Dia menilai tingginya kecelakaan tersebut diakibatkan kendaraan roda dua. Oleh karena itu, pemudik diharapkan tidak menggunakan moda transportasi tersebut.

Untuk itu, Budi menginginkan masyarakat dapat menggunakan program mudik gratis yang dilaksanakan oleh Kemenhub, baik menggunakan bus, kereta api, maupun kapal. Beberapa perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga akan menggelar mudik gratis.

Hanya saja, Budi menilai pemudik pada tahun ini akan terlihat meningkat pada beberapa moda transportasi saja. “Secara umum, transportasi menggunakan moda darat dan udara diprediksi akan menjadi moda yang diminati oleh para pemudik tahun ini,” tegas Mebhub Budi.(helmi)

loading...