Angkasa Pura 2

Mudik Lebaran Lewat Tol, Lebaran 2019 Jakarta-Jogja Maksimal Maksimal 12 Jam

KoridorSenin, 22 April 2019
Darmaningtyas Instrans

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Perjalanan arus mudik Lebaran tahun 2017 sudah mulai lancar, 2018 tambah lancar, kalau ada yang macet itu sporadis saja. Tidak merata, dan paling lama jarak yang sama ditempuh 18 jam.

“Pada Lebaran 2019 ini diharapkan jarak Jakarta – Yogya dapat ditempuh maksimal 12 jam saja. Ini semua terjadi karena Tol Transjawa sudah beroperasi dari Jakarta sampai Pasuruan,” kata penganat transportasi dan Direktur Instran Darmaningtyas di Jakarta, kemarin.

Meskipun Tol Trans Jawa itu sudah dirancang sejak 1996 (saat Jokowi masih jadi pengusaha mebel), faktanya yang bisa menyelesaikan adalah Presiden Jokowi.

“Memang masih debatable di masyarakat. Tapi sebagai masyarakat, kita benar-benar merasakan manfaatnya dan perjalanan mudik ke kampung halaman makin lancar,” jelas Tyas, sapaan akrab dia menjawab BeritaTrans.com, Senin (22/4/2019).

Peta-Tol-Trans-Jawa

Dan mereka yang mengkritik penyelesaian Tol Trans Jawa itu, papar Tyas, sekarang ini juga turut menikmatinya untuk memperlancar kegiatan kampanye mereka yang menjelek-jelekkan Jokowi.

Dan Tyas menambahkan, aSelama 30 tahun terakhir keluhan kita tentang arus mudik Lebaran adalah jalanan macet. Perjalanan Jakarta – Yogya yang sehari-hari dapat ditempuh dalam waktu 12 jam. Namun pada saat musim mudik Lebaran pernah ditempuh sampai 36 jam.

“Namun horror kemacetan itu berakhir dan kini perjalanan makin lancar dan kasus kecelakaan di jalan raya perlahan juga berlurang,” tandas Tyas.(helmi)

loading...