Angkasa Pura 2

Tol Trans Jawa Lancar, Tiket Pesawat Mahal, Tyas: Kemacetan di Jalan Arteri Harus Diantisipasi Sejak Sekarang

KoridorSenin, 22 April 2019
Darmaningtyass

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Keberadaan tol Trans Jawa memang akan memperlancar arus lalu lintas dari wilayah Jabodetabek ke arah Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur pada saat mudik Lebaran 2019 nanti. Selama dua tahun terakhir menbuktikan arus mudik lancar.

“Dengan mahalnya tiket pesawat terbang dan terbatasnya kapasitas angkutan KA, banyak orang akan mengalihkan perjalanannya dengan menggunakan kendaraan pribadi,” kata Darmaningtyas, Ketua Instran (Institut Studi Transportasi Jakarta) kepada BeritaTrans.com di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Pasalnya, semua orang (pemudik) akan berfikir bahwa dengan adanya Tol Trans Jawa perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi akan semakin lancar.

Tapi, karena banyak orang berfikiran seperti itu, menurut Tyas, sapaan akrab dia, maka kemacetan di jalan tol tidak akan terhindarkan. “Jika volume kendaraan, maka kemacetan sangat mungkin terjadi,” jelas Tyas.

“Kemacetan juga akan terjadi pada jalan alteri setelah keluar dari tol, karena sejumlah kendaraan keluar pada pintu tol yang sama dan masuk ke jalan alteri yang lebih sempit dan mungkin mengalami kerusakan,” kilah Tyas.

Akibat berikutnya, menurut atyas, maka perjalanan di jalan arteri akan melambat, sementara grojokan kendaraan dari Tol Trans Jawa begitu banyaknya.

“Dengan begitu, kemungkinan kemacetan di jalan alteri ini perlu diantisipasi sejak sekarang,” tegas Tyas.(helmi)

loading...