Angkasa Pura 2

Ditjen Hubdat-Korlantas Sinergi Dan Siap Lakukan Rekayasa Lalin Saat Arus Mudik Padat

Aksi Polisi KoridorRabu, 24 April 2019
IMG-20190424-WA0012

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dirjen Hubdat Budi Setiyadi akan memperkuat koordinasi dan sinergi dengan Korlantas Polri dan pihak lain, mengantisipasi kepadatan lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran 2019.

“Perlu disiapkan antisipasi dengan sebaik mungkin. Bila perlu ada rekayasa lalu lintad sejak dini, agar arus mudik dan balik Lebaran berjalan lancar,” kata Dirjen Budi di Jakarta.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya meminta aparat di lapangan melalukan koordinasi dengan baik guna mengantisipasi segala kemungkinan. “Jika memang perlu rekayasa lalu lintas, maka nanti komandan diblapangan ada di tangan Korlantas Polri,” katanya menjawab BeritaTrans.com.

Menurutnya, sejumlah titik krusial perlu diantisipasi termasuk exit tol tempat pertemuan antara kendaraan dari tol dengan ruas arteri nasional dan daerah. Bukan tidak mungkin akab menjadi bottle neck baru yang perlu disikapi dengan bijak.

“Harus diatur dengan baik. Jika perlu ada rekayasa lalu lintas, segera koordinasikan dengan pihak terkait. Koordinator di lapangan ada di Korlantas Polri. Jadi cukup satu komando,” papar Menhub.

Menhub optimis, Polri khususnya Korlantas tentu sudah punya pengalaman dan kemampuan untuk melakukan semua itu. “Didukung SDM profesional dan kerja sama semua pihak, kita yakin semua bisa diantisipasi dengan baik,” tukas Menhub.

Beberapa Titik Krusial

Dirjen Budi menambahkan, ada beberapa titik krusiap rawan macet termasuk di ruas tol Trans Jawa. Mulai GT keluar Jakarta, kemudian simpang tol ke Bandung (Cipularang) Cikampek, Pejagan dan seterusnya.

“Namun yang paling krusial adalah beberapa GT di Jateng, yaitu GT Kali Kangkung Semarang, GT Salatiga dan GT Colomadu Surakarta. Mereka harus diantisipasi dengan baik, jangan sampai saatnya tiba menjadi masalah,” terang Dirjen Budi.

Yang tak kalah krusialnya, menurut Dirjen Budi adalah exit tol mulai dari Cikampek, Brexit, Kali Kangkung dab lainnya. Disini perlu koordinasi dan kemunikasi yang baik, mukai Hhbdat, Korlantas, Dishub dan lainnya,” tandas Dirjen Budi.(helmi)

loading...