Angkasa Pura 2

DKI Jakarta Dengan APBD Rp90 T Justru Miskin Inovasi Dalam Bangun Angkutan Umum

KoridorRabu, 24 April 2019
FB_IMG_1556108023265

FB_IMG_1556108016386

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pemerintah daerah (pemda) dari kota-kota kecil dari berbagai daerah Indonesia tetap bersemangat dan berkomitmen membangun pelayanan transportasi umum dengan mengutamakan keselamatan bagi masyarakat.

Demikian disampaikan pengamat transportasi dan Dewan Yuri Penilaian Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Azas Tigor Nainggolan di Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Dia menyampaikan itu setelah menyimak paparan para pemerintah daerah dalam membangun inovasi untuk meningkatkan pelayanan di bidang transportasi.

“Banyak pengalaman atau semangat pemerintah daerah membangun pelayanan di tengah kesulitan dan keterbatasan SDM serta anggaran,” jelas Tigor.

Menurutnya, walau dana serba terbatas para pemerintah daerah dari kota-kota kecil terus membangun inovasi dalam menyiapkan angkutan umum di daerahnya.

“Ada kota kecil dengan anggaran Dinas Perhubungannya sekitar Rp6 Miliar per tahun tetapi bisa melahirkan 10 inovasi peningkatan layanan transportasi,” terang Tigor.

Sebaliknya, kilah dia di kota Jakarta yang APBD-nya nyaris sebesar Rp90 triliun, minim inovasi dan terus senang dengan masalah kemacetan dan buruknya layanan transportasinya.

“Jakarta dana berlebih, SDM banyak tetapi minim inovasi pelayanan. Minimnya inovasi dikarenakan minimnya komitmen membangun pelayanan transportasi yang aman, nyaman dan berkeselamatan serta akses;” tegas Tigor.(helmi)

loading...