Angkasa Pura 2

Keselamatan Pelayaran Perlu Komit Seluruh Stakeholder dan Pengguna Jasa

DermagaRabu, 24 April 2019
IMG_20190424_104803

IMG-20190424-WA0026

PADANG (BeritaTrans.com) – Keselamatan pelayaran perlu komit seluruh stakeholder dan pengguna jasa. Tak bisa hanya dilaksanakan oleh regulator saja dalam hal ini Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

Hal itu disampaikan Direktur Perkapalan dan Kepelautan Capt. Sudiono mewakili Dirjen Perhubungan Laut R. Agus H Purnomo dalam pembukaan Bimbingan Teknis Keselamatan Pelayaran Periode II di Padang, Sumatera Barat, Rabu (24/4/2019).

“Kelaiklautan kapal berperan penting dalam keselamatan pelayaran karena merupakan kebutuhan mutlak dan tanggung jawab bersama, baik regulator, operator dan juga pengguna jasa transportasi laut, termasuk para penumpang kapal. Kepatuhan terhadap kelaiklautan kapal dan keselamatan pelayaran memerlukan komitmen bersama, baik regulator, operator dan juga pengguna jasa. Keselamatan pelayaran harus menjadi budaya maritim Indonesia,” urai Capt. Sudiono.

Pelayaran kata dia, memiliki beberapa elemen pendukung berupa angkutan di perairan, kepelabuhanan, keselamatan, dan keamanan pelayaran, dan perlindungan lingkungan maritim.

IMG-20190424-WA0024

Secara keseluruhan semua itu merupakan bagian dari sistem transportasi nasional yang harus dikembangkan potensi dan peranannya guna mewujudkan sistem transportasi yang efektif dan efisien, serta mendukung terciptanya pola distribusi nasional yang lancar.

“Berdasarkan berbagai ketentuan internasional di bidang keselamatan pelayaran serta Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran dan seluruh peraturan pelaksananya, setiap kapal yang beroperasi di perairan Indonesia wajib memenuhi persyaratan kelaiklautan kapal,” tutur dia.

Capt. Sudiono berharap, seluruh stakehokder mampu meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya kelaiklautan kapal dan keselamatan pelayaran. (omy)

loading...