Angkasa Pura 2

KM Three Angel Dihadapkan Cuaca Buruk dan Sempat Hilang di Perairan Tangulandang

DermagaJumat, 26 April 2019
IMG-20190426-WA0050

IMG-20190426-WA0049

BITUNG (BeritaTrans.com) – Kapal Motor (KM)Three Angel dihadapkan cuaca buruk saat berlayar di perairan Tangulandang, Bitung, Sulawesi Utara.

Pada saat berangkat dari pelabuhan perikanan Bitung, Kapal dengan GT 29 berawak tujuh orang itu akan melaut ke perairan Siau, cuaca dalam kondisi cerah sehingga dikeluarkan Surat Perintah Berlayar (SPB) nya.

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Ulu Siau Suleman Langge menyampaikan, pihaknya memeroleh laporan, Kamis (25/4/2019), kapal bertolak dari dermaga sekitar pukul 05.00 WITA dan cuaca cerah.

“Namun pada saat kapal memasuki perairan Kepulauan antara Biaro & Tagulandang sekitar pukul 13.30 WITA cuaca tiba-tiba berubah, ombak menjadi kencang disertai angin, kapal pun dihantam ombak di bagian lambung dan mengalami kebocoran,” ujar Suleman di Bitung, Jumat (26/4/2019).

Selanjutnya nakhoda berusaha untuk mengelurkan air, tapi sia-sia. Nakhoda lalu menghubungi pemilik kapal di kota Bitung dan memerintahkan semua anak buah kapal (ABK) terjun kelaut dengan memakai life jacket & lifebouy.

“Pemilik kapal juga menghubungi kami dan kami segera mengatur jajaran untuk pencarian serta penyelamatan,” katanya.

Menggunakan kapal patroli dan dibantu kapal Pajeko, selama 3 jam 30 menit dilakukan pencarian dn akhirnya ditemukan sekitar pukul.17.00 WITA.

KM. Three Angel beserta awaknya di seputaran pulau ruang dekat dengan pulau Tagulandang dalam keadaan selamat.

“Selanjutnya mereka semua dibawa ke Pelabuhan Tagulandang untuk diperiksa kesehatannya,” pungkas Suleman. (omy)

loading...