Angkasa Pura 2

Membangun Angkutan Umum Ala Pemkab Tabalong Kalsel

KoridorJumat, 26 April 2019
IMG_20190312_075912

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Direktur Angkutan Jalan Ditjen Hubdat Ahmad Yani mengapresiasi inovasi dan terobosan Pemkab Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam membangun angkutan umumnya. Cara-cara yang ditempuh Pemkab Tablong ini sangat bagus, dan layak ditiru dan dikembangkan di daerah lain di Indonesia.

“Saat ini, Pemkab Tablong mempunyai angkutan umum yang baik, bahkan gratis untuk warganya. Selain itu, angkutan umum di Tabalong sudah menggunakan uang elektronik atau cashless,” sebut Ahmad Yani Bangga saat dihubungi BeritaTrans.com di Jakarta, kemarin.

Menurut dia Pemkab Tabalong sebenarnya sama daerah lain di Indonesia. Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Tabalong tidak terlalu besar dibandingkan daerah lain di Indonesia. “Tapi, faktanya Pemkab Tabalong bisa membangun angkutan umum yang baik,” tukas Ahmad Yani.

Dari hasil dialog dengan Bapak Bupati Tabalong, menurut Ahmad Yani, daerah ini memanfaatkan dana-dana CSR di daerahnya untuk membangun dan memberdayakan angkutan umum.

“Setiap perusahaan seperti di sektor pertambangan, perkebunan dan lainnya mempunyai dana CSR yang cukup besar. Dana tersebut bisa diberdayakan oleh Pemda seperti membangun angkutan umum seperti ini,” kilah Ahmad Yani.

Cara-cara cerdas dan inovasi yang dilakukan Pemkab Tabalong memang laak ditiru. Kepala daerah memang haris cerdas dan bisa memanfaatka sumber dana yang ada dengan optimal. Mereka bisa membanun daerah tanpa mengandalan APBN/ APBD yang sangat terbatas.

“Pemkab Tabalong membangun daerah bukan hanya dari PAD, Dana Bagi Hasil atau Dana Perimbangan Pusat dan Daerah,” sebut Ahmad Yani.

“Tapi ada dana CSR yang bisa dimanfaatkan untuk membangun daerah, dan Pemkab Tabalong sudah membutkikan. Dia bisa membangun angkutan umum yang lebih baik bahkan gratis,” tegas Ahmad Yani.(helmi)

loading...