Angkasa Pura 2

Angkutan Lebaran, Momentum Bagi Pemda Menata Angkutan Umum

KoridorKamis, 2 Mei 2019
IMG_20190219_135838

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pemda di Indonesia sudah saatnya menata transportasi umum di daerah masing-masing. Apalagi menjelang mudik Lebaran tahun 2019 mendatang.

“Penyelenggaraan angkutan umum di daerah merupakan kewajiban Pemda yang selama ini terabaikan,” kata Kepala Lab Transportasi Unika Soegijopranoto Semarang Djoko Setijowarno kepada BeritaTrans.com di Jakarta, kemarin.

Musim mudik Lebaran tahun ini, lanjut dia, harus dapat membahagiakan pemudik sekaligus membangun daerahnya. Sekitar 10 juta orang akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran.

“Sebagian yang lain juga pergi meninggalkan rumah untuk berwisata atau sekedar jalan-jalan melepas kepenatan tempat mereka hidup dan berusaha terutama di Jakarta dan sekitarnya,” jelas Djoko.

Mudik Lebaran tahun ini harus menjadi momentum membangun dan menata angkutan umum di daerah. Hal ibi sejalan dengan program Pemerintah/ Kemenhub untuk menggelorakan gerakan naik angkutan umum, untuk mengurai kemacetan di jalan raya.

Menurur Djoko, pemudik turun di simpul-simpul transportasi seperti bandara, pelabuhan, stasiun, terminal bahkan dari rumah mereka di kampung bisa mendapatkan angkutan umum yang baik dan layak serta terjangkau.

Masalah ini, menurut Djoko, harus diantisipasi dengan baik dan benar dengan menyiapkan angkutan lanjutan yang baik dan memadahi. Pemda bersama operator transportasi bisa membangun angkutan umum di daerah.

“Perlu disiapkan dengan baik angkutan lanjutan dari pelabuhan ke terminal bahkan sampai ke kita tujuan,” terang Djoko lagi.

Jangan sampai terjadi, menurut Djoko, pemudik turun dari kapal tak ada angkutan lanjutan. “Bahkan, jangan sampai mereka menjadi korban kejahatan oknum tertentu,” tandae Djoko.(helmi)