Angkasa Pura 2

Sahli LMK Harap Hasil Penelitian dan Evaluasi Balitbanghub Ditindaklanjuti

LitbangJumat, 3 Mei 2019
IMG-20190503-WA0009

IMG-20190503-WA0010

JAKARTA (BeritaTrans.com) -Staf Ahli Menteri Perhubungan bidang Logistik, Multimoda, dan Keselamatan Transportasi (LMK) Cris Kuntadi berharap seluruh hasil penelitian dan evaluasi Basan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) agar ditindaklanjutii

“Jika ungkapan umum mengatakan Litbang adalah akronim dari sulit berkembang, bagi saya justru memiliki arti elit dan membanggakan. Pasalnya, Litbang khususnya dalam pemerintahan memiliki peranan penting dalam menciptakan regulasi yang efektif dan efisien untuk diimplementasikan,” jelas Cris disela diskusi Evaluasi tentang Peraturan Angkutan Multimoda bersama (Balitbanghub) di Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Agar dapat menjadi elit dan membanggakan kata dia, Balitbanghub diharapkan terus menelurkan produk-produk penelitian yang bagus terkait regulasi Kemenhub.

Selain itu Balitbanghub harus memerhatikan juga output dan tindak lanjut penelitian untuk aspek efektifitas.

“Apa yang sudah dilakukan kajian dan rekomendasi itu perlu dipantau. Apakah sudah ditindaklanjuti hasil kajian tersebut? Apakah sudah diimplementasikan?,” ungkapnya.

Menurut Cris, hal-hal tersebut bisa menjadi tolak ukur kerja yang jelas untuk mengukur efektifitas kajian Balitbanghub. Hal itu lantaran kajian yang baik adalah yang terimplementasikan. Begitupula dengan regulasi.

Regulasi yang baik adalah peraturan yang dapat diterapkan dengan efektif sehingga dipatuhi. Peneliti kata dia, diberi penghargaan agar semakin terpacu dalam menggali kajian dengan kenaikan pangkat.

“Bila peneliti tiga tahun naik pangkat itu terlalu terlambat. Mungkin bisa dijadikan hanya dua tahun,” saran Cris.

Terkait Balitbanghub yang dinobatkan sebagai Pusat Unggulan IPTEK (PUI), Cris sangat mengapresiasi. Pemerintah sudah banyak melakukan sesuatu, jangan hanya instansi sendiri saja yang tahu.

“Kita harus menginformasikan masyarakat. Semakin banyak orang tahu akan semakin bermanfaat,” imbuh dia.

Capaian-capaian dan kajian-kajian Balitbanghub ini bisa “dijajakan” dalam seminar, simpoium nasional maupun internasional, simposium.

Diskusi dipimpin Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Multimoda Yugihartiman dan konsultan sekaligus peneliti dari Asosiasi Logistis Foreder Indonesia (ALFI), Anwar. (omy)

loading...