Angkasa Pura 2

Jasa Marga Siap Beli Jalan Tol Milik Waskita Karya

Ekonomi & Bisnis KoridorSenin, 6 Mei 2019
images (1)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Manajemen PT Jasa Marga Tbk berminat mengakuisisi sejumlah ruas jalan tol yang dimiliki oleh PT Waskita Karya Tbk di ruas tol Trans Jawa.

Proses tersebut masih dalam pembicaraan antara kedua perusahaan pelat merah tersebut.

Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani mengatakan, pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak Waskita dan calon investor lain. Sebab, Jasa Marga tidak sendirian untuk mengakuisisi jalan tol milik Waskita.

“Karena kemungkinan kami juga akan masuk tidak sendirian, tapi bersama investor lainnya. Ini sedang dalam tahap diskusi,” kata Desi usai RUPS Tahunan Jasa Marga, di Jakarta, Senin 6 Mei 2019.

Menurut Desi, pengambilan ruas milik Waskita di Trans Jawa sepenuhnya untuk mendukung kenyamanan dari pengguna jalan.

Ia yakin pihaknya bisa mengoperasikan tol tersebut sepenuhnya, sehingga ada manfaat yang dirasakan masyarakat bahwa operasional tol Trans Jawa akan lebih efektif dan efisien. Diharapkan aksi korporasi tersebut bisa terealisasi di tahun ini.

“Belum bicara angka. Kalau pun masuk, kami masuk akan sebagai minoritas dulu. Karena kan banyak ruas-ruas yang langsung beroperasi, jadi untuk kepentingan operasional trans Jawa efektif, efisien, kita berniat untuk ambil tapi sebagai minoritas,” kata dia.

Di tempat yang sama, Direktur Keuangan Jasa Marga, Donny Arsal mengatakan, bahwa Waskita memiliki setidaknya empat ruas jalan tol di Trans Jawa. Namun, dia tidak merinci ruas tol tersebut.

“Yang bagian Trans Jawa mestinya, Waskita ada 4 ruas. Yang satu lagi kan tidak bisa,” ucapnya.

Ia mengaku akan bermitra dengan calon investor lain. Akan tetapi Donny enggan menyebut mitra tersebut. Menurut dia, Mitra Jasa Marga setidaknya minimal ada dua investor, karena menyesuaikan kemampuan keuangan Jasa Marga.

“Iya (minimal dua partner). Capex (belanja modal)-nya kan sudah gede. Kalau mau beli sesuai kemampuan,” kata dia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Waskita Karya berencana menjual sebanyak 18 ruas tol miliknya pada tahun 2019. Beberapa di antaranya berada di ruas tol Trans Jawa, yaitu ruas tol Pejagan-Pemalang dan Pemalang-Batang. (viva).

loading...