Angkasa Pura 2

Antarmoda di Palembang Lengkap, Menhub: Jadikan Lebih Bagus Lagi

IMG-20190511-WA0003

IMG-20190511-WA0005

PALEMBANG (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa konektivitas antarmoda di Palembang, Sumatera Selatan sudah lengkap.

Ada layanan bus DAMRI, BRT (Transmusi), Light Rail Transit (LRT), dan angkutan sungai serta angkutan laut.

“Jadi Palembang ini sebenarnya antarmodanya lengkap karena ada angkutan air, kalau tempat lain jarang seperti ini. Saya bersama Pak Walikota Palembang bersama-sama dengan pihak terkait akan mengatur antar moda agar lebih bagus lagi,” ungkap Menhub di Palembang, Jumat (10/5/2019).

Dia menyampaikan bahwa Pemerintah Pusat akan mendukung Pemerintah Daerah untuk melakukan survei big data di mana daerah-daerah yang merupakan pergerakan utama, untuk selanjutnya akan ditambah angkutan-angkutannya.

Untuk membuat lebih bagus lagi dtuturkan dia, misalnya saja peningkatan operasional LRT ini akan dilakukan mulai Juni dan akan dilakukan evaluasi setelah 2 minggu – 1 bulan dijalankan.

Harapannya, dengan pengoperasian secara penuh ini akan meningkatkan okupansi dari 30% menjadi 60% dalam enam bulan kedepan.

“Kita akan mulai operasi ini nanti Juni dan kita akan evaluasi setelah 2 minggu, 1 bulan, supaya LRT ini menjadi lebih bagus. Untuk okupansi saya harapkan menjadi 60 persen, kira-kira mungkin dalam 6 bulan kemudian,” ungkap Menhub.

IMG-20190511-WA0004

Pada kesempatan yang sama, Menhub memberikan life jacket kepada pengemudi kapal sungai di Dermaga 16 Ilir Ampera. Hal ini sesuai dengan komit Kemenhub untuk selalu mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya keselamatan dan keamanan dalam setiap moda transportasi.

Nantinya, Dermaga 16 ilir ini akan dikembangkan dengan penambahan jumlah dermaga angkutan sungai, pembangunan jembatan dalam rangka pembangunan kawasan 16 Ilir Kota Palembang.

“Dermaga 16 ilir ini akan kita kembangkan, akan ada beberapa dermaga, juga ada SPBU di sini. Harapannya akan lebih nyaman untuk orang dari daerah datang ke sini dan sebaliknya,” katanya.

Nanti juga akan dibangun jembatan, jadi nanti orang dari dermaga yang akan ke bandara bisa naik langsung ke atas (Stasiun LRT Ampera).

Dalam kunjungannya, Menteri Perhubungan turut didampingi oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri, Direktur Prasarana Perkeretaapian Zamrides, Direktur Angkutan dan Multimoda Ahmad Yani, serta Walikota Palembang Harnojoyo. (omy)

loading...