Angkasa Pura 2

Menhub Imbau Tak Mudik Gunakan Sepeda Motor, Mudik Gratis Dengan Kapal Laut Dan Roro Masih Tersedia

Dermaga KoridorMinggu, 12 Mei 2019
IMG_20190506_052555

JAKARTA (BeritaTrans.com) -Menhub Budi Karya Sumadi mengimbau semua pihak untuk tidak menggunakan sepeda motor pada saat mudik Lebaran 2019. Sebab, sepeda motor menjadi penyumbang terbesar kecelakaan di jalan.

Sesuai dengan slogan mudik tahun ini, yaitu “Mudik Selamat, Guyub Rukun”, hal utama yang harus diperhatikan adalah keselamatan.  Keselamatan mutlak sifatnya dan tak bisa digantikan dengan lainnya.

Pemerintah, BUMN dan juga swasta  sudah menyiapkan fasilitas mudik gratis termasuk siap membawa sepeda motor, sehingga  tak perlu jalan jauh dengan sepeda motor. Sedang kuota mudik gratis yang masih tersedia adalah dengan kapal laut dan kapal roro.

Kapal Laut dan Roro

Saat ini,  kuota mudik kapal laut gratis tahun ini kita menyediakan armada paling sedikit dapat mengangkut 4.000 penumpang dan 2.000 unit motor untuk kenyamanan dan keamanan perjalanan mudik.

Mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut yang akan berlangsung pada tanggal 30 Mei, 1 Juni dan 3 Juni 2019. Nah 1 unit kapal laut itu dapat mengangkut 2.000 orang dan 1.000 unit motor.

Sementara, Ditjen Hubdat juga menyiapkan fasilitas mudik gratis baik orang dan sepeda motor dengan kapal roro. Ada tiga tujuan yang dilayani dengan kapal roro ini, yakni Jakarta-Lampung, Jakarta-Semarang dan Jakarta-Surabaya.

Data Ditjen Hubdat mencatat, sejauh ini baru mudik dengan kapal roro tujuan Semarang yang paling banyak diminati warga masyarakat. Pendaftaran masih dibuka selama kuota masih ada.

Sejauh ini, mudik tujuan Tanjung Priok – Semarang paling banuak peminatnya.  Data Rabu, tanggal 8 Mei 2019 sebagai berikut:

Tanjung Priok-Semarang, motor : 386 (38,6%), penumpang  1.002 (50,1%). Mereka yang sudah  cetak tiket : 322 dan belum cetak tiket : 1.678.(helmi)

loading...