Angkasa Pura 2

Bidik Pasar Investor Institusi dan Retail, FIFGROUP Terbitkan Obligasi Senilai Rp1.5 Triliun

IMG-20190513-WA0012

IMG-20190513-WA0013

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Manajemen PT Federal International Finance (FIFGROUP), anak Perusahaan PT Astra International Tbk yang bergerak di bidang pembiayaan, menerbitkan obligasi Rp1,5 triliun. FIFGROUP membirik pasar investor institusi dan retail, karena selama ini belum digarap secara serius dan profesional.

Demikian disampaikan Direktur Keuangan FIFGROUP Hugeng Gozali, dalam jumpa pers mengenai Penerbtan Obigasi 2019 bersama jajaran direksi perseroan di Jakarta, Senin (13/5/2019).

Menurut Hugeng, surat utang ini merupakan Penawaran Umum Berkelanjutan Obligasi Berkelanjutan IV (PUB IV) Federal International Finance dengan Tingkat Bunga Tetap, Tahap I Tahun 2019. Saat ini, FIFGROUP telah mendapatkan rating idAAA dari lembaga Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO).

Sementara, Presiden Direktur PT Federal International Finance, Margono Tanuwijaya mengatakan, tujuan penerbitan obligasi ini adalah untuk menunjang pembiayaan sepeda motor Honda, yang mernjadi uaha inti FIFGROUP.

“Penerbitan obligasi ini merupakan salah satu instrumen pendanaan yang kami pilih karena ditunjang oleh situasi dan kondisi pasar obligasi yang masih kondusif di Tanah Air,” kata Margono lagi.

Margono juga menegaskan bahwa penawaran umum ini merupakan salah satu pilihan investasi terbaik dan aman bagi para investor, baik investor individu maupun investor institusi.

Hugeng menambahkan,Penjualan sepeda motor Honda secara konsisten memperlihatkan kecenderungan positif di Indonesia. Sebagian besar dari penjualan sepeda motor Honda ini dilakukan melalui kredit, di mana tahun lalu sudah mencapai 66% dari total penjualan.

“Obligasi yang akan diterbitkan oleh FIFGROUP terdiri dari dua seri, yakni Seri A dengan tenor 370 hari, dan Seri B dengan tenor 36 bulan. FIF menawarkan range tingkat bunga sebesar 7,25% – 8% untuk Seri A, dan 8% – 9% untuk Seri B,” jelas HUgeng.

Sementara, masa penawaran awal dilaksanakan mulai dari tanggal 13 sampai 27 Mei 2019, dimana rencana pencatatan Obligasi ini akan direncanakan pada tanggal 26 Juni 2019 di Bursa Efek Indonesia.

Perluas Pasar Obligasi

Penjamin pelaksana emisi obligasi adalah PT BCA Sekuritas, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia, PT Indo Premier Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk.

Untuk penerbitan kali ini, menurut Hugeng, FIFGROUP memperluas pasar obligasi ke pasar retail atau individu dengan menawarkan denominasi Rp1 juta dan kelipatannya.

‘Tercatat ada peningkatan yang signifikan, yaitu 85% terhadap jumlah investor retail yang berinvestasi di Obligasi FIF saat ini dibandingkan pada penerbitan – penerbitan sebelumnya,” papar pejabat Astra itu.

FIFGROUP telah melakukan penawaran umum obligasi sejak tahun 2002. “Sedang total nilai obligasi yang telah diterbitkan mencapai Rp42 triliun dan yang telah jatuh tempo dan dilunasi sebesar Rp33 triliun,” tegas Hugeng.(helmi)

loading...