Angkasa Pura 2

Duta Taruna STTD, Harus Tampil Smart dan Prima Wakili Almamater Di Berbagai Event

Figur SDMSenin, 13 Mei 2019
IMG-20190513-WA0003

IMG-20190511-WA0025

BEKASI (BeritaTrans.com) – Menjadi Duta Taruna di kampus STTD mungkin menjadi dambaan setiap taruna matra transportasi darat itu. Tapi, ternyata tidak mudah untuk menjadi duta dan siap mewakili teman-teman lain di berbagai event baik di kampus, BPSDMP atau Kemenhub RI.

“Kita terpilih menjadi Duta Taruna STTD April 2019 lalu. Puncak acaranya saat peringatan Hari Kartini tahun ini. Dari puluhan pasang duta, kita berempat yang akhirnya terpilh dan ditetapkan sebagai Duta Taruna,” kata Ida Bagus Sradha Nanda, bersama tiga koleganya yaitu Pebriyanti, Amiraldi dan Sabira Fahiranisa dalam perbincangan dengan BeritaTrans.com di Bekasi, kemarin.

Awalnya, setiap Program Studi (Prodi) di STTD mengirimkan wakilnya untuk ikut seleksi calon Duta Taruna yang digelar pihak kampus STTD. Akhirnya, majulah puluhan peserta terbaik dari masing-masing prodi untuk berkompetisi.

Berbagai tahapan seleksi pemiihan Duta Taruna, menurut Pebriyanti, harus dijalani. Mulai sesi wawancara, sampai akhirnya masuk babak final dan kita harus tampil dan menjawab pertanyaan Dewan Juri layaknya pemilihan Putri Indonesia itu.

Banyak kategori masuk pertimbangan dan bahan penilaian Dewan Juri. Bukan hanya penampilan fisik, tapi peserta juga harus tampil smart, dan bisa menjawab pertanyaan Dewan Juri dengan cepat dan tepat.

“Dari sanalah akhirnya dipilihlah dua pasang (taruna-taruni) sebagai Duta Taruna STTD,” kata Sabira Fahiranisa menambahkan.

IMG-20190513-WA0004

Bangga Mewakili STTD

Tampil dan terpilih menjadi Duta Taruna STTD memang ada kebanggan tersendiri. Paling tidak, kita terpilih dan dipercaya untuk mewakili ribuan taruna STTD dalam berbagai event.

“Dari ribuan taruna, kita yang dipercaya menjadi Duta Taruna. Kosnekuensinya, sikap, tindak, perlaku dan pergaulan dengan sesama taruna harus mencerminkan sosok yang terbaik. Bisa menjadi contoh bahkan menginspirasi taruna lain untuk berbuat bagi,” papar Amiraldi serius.

Sebagai Dua Taruna, menurut dia, pihaknya mempunyai beberapa tugas. Antara lain, menjadi duta atau utusan taruna dalam berbagai event penting.

Selain itu juga, “Mendampingi Ketua atau Pimpinan STTD saat menerima tamu-tamu termasuk tamu VVIP ke kampus STTD,” aku Pebriyanti dan Sabira lagi.

Oleh karena itu, selama menjadi Duta Taruna STTD setahun ke depan, kita harus selalu tampil prima. Seluruh sikap dan perilaku harus bisa menjadi contoh bagi taruna lain.

Banyak tamu-tamu kampus yang kami terima dan harus ditemani selama berkunjung ke kampus STTD. Saat itu kami harus bisa mendampingi, bahkan kalau ada pertanyaan seputar STTD kita juga harus bisa menjelaskan dengan baik dan mudah dipahami.

“Visitasi Deputi Menteri PAN dan RB serta Karo Kepegawaian di STTD menjadi momentum pertama kami harus melayani tamu VVIP di kampus STTD ini,” tegas Sabira.(helmi)

loading...