Angkasa Pura 2

Soal Kebakaran Kampung Bandan, Pemprov DKI Akan Koordinasi dengan PT KAI

EmplasemenSenin, 13 Mei 2019
gubernur-dki-jakarta-anies-baswedan-mengunjungi-lokasi-kebakaran

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah meninjau lokasi kebakaran yang terjadi di wilayah Kampung Bandan, Jakarta Utara, pada Minggu (12/5) kemarin. Kebakaran itu menghanguskan ratusan permukiman di RW 05 Kampung Bandan.

Melihat kondisi tersebut Anies bakal berkomunikasi dengan pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) terkait rehabilitasi warga korban kebakaran.

“Sekarang masih pakai tenda dahulu sambil nanti kami bicara dengan PT KAI terkait dengan rencana wilayah ini sekaligus rencana untuk masyarakat yang menjadi korban di sini,” kata Anies di Jakarta, Senin (13/5).

Anies menuturkan, Pemprov DKI akan berkoordinasi dengan PT KAI selaku pemilik sah mayoritas lahan di lokasi kebakaran sebelum memutuskan bagaimana lahan tersebut akan dikelola.

“Mungkin pada hari (ini) atau Selasa kami akan bicara dengan PT KAI yang secara resmi memiliki banyak lahan di tempat ini untuk melihat secara detail situasi dan rencana ke depannya,” jelas dia.

Terkait rehabilitasi, pihaknya telah mendata jumlah warga, kerugian serta memastikan kebutuhan warga selama proses rehabilitasi terpenuhi dengan baik.

Anies juga mengimbau setiap warga agar secara aktif melaporkan dokumen administrasi yang hilang atau terbakar dalam musibah ini.

Anies menjamin setiap dokumen administrasi sejatinya telah dicatat dengan baik di setiap lingkup pemerintahan, sehingga pemerintah bisa segera menyiapkan dokumen-dokumen pengganti.

“Bagi masyarakat di sini, ini kerugian luar biasa karena habis (tempat) mereka, tinggal badan saja, meninggalkan tempat tanpa bawa apa-apa. Tinggal bawa badan, jadi mereka semua akan mulai dari nol.

Jadi, berapapun itu hitungan rupiahnya bagi mereka yang terkena ini habis, berapapun rupiahnya. Jadi, kita, pemerintah akan membantu meringankan beban mereka dengan memudahkan hal-hal apa yang bisa kita lakukan, akan kita kerjakan untuk mereka di sini,” ungkapnya. (dan/merahputih.com)

loading...