Angkasa Pura 2

10 Kuliner Khas Demak Ini Wajib Dicicipi Saat Mudik Lebaran

DestinasiSelasa, 14 Mei 2019

IMG-20190510-WA0104
DEMAK (beritatrans.com) – Demak merupakan kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Bagi Anda yang akan mudik ke Demak atau kebetulan sedang lewat di kota Wali ini, tidak ada salahnya jika mampir dan menikmati kuliner khasnya.

“Dalam perkembangan kerajaan Islam, Demak adalah yang terbesar. Maka tak perlu khawatir soal ke halal an kuliner di sini. Ditambah lagi makanan makanan yang di sajikan erat kaitannya dengan Islam. #PesonaMudik2019 akan semakin lengkap dengan mencicipi #PesonaKulinerLebaran2019 Demak,” kata Menpar Arief Yahya, Senin (13/5).

Lantas apa aja sih kuliner khas Demak? Berikut daftar #10TopPesonaKulinerLebaranDemak yang siap menemani libur Lebaran Anda :

Bakso Balungan
Salah satu makanan khas Demak yang dikenal sebagai Kota Waliadalah bakso balungan. Dinamai bakso balungan (tulang) karena bakso yang disajikan tidak melulu hanya bakso, gulungan daging giling yang diberi kuah.

Bakso yang satu ini dikompliti dengan potongan tulang-tulang yang masih berbalut irisan daging. Kadang terdapat pula tulang muda yang renyah dimakan. Bakso balungan ini muncul dari bisnis soto kerbau yang menjadi ciri khas soto di kawasan Demak, Kudus, Pati, dan sekitarnya. 

Salah satu yang direkomendasikan adalah Bakso Balungan Kondang Roso yang berada di Jalan Kyai Singkil, Bintoro, Demak, Petengan Selatan, Bintoro, Kecamatan Demak. 

Cara paling benar menikmati bakso balungan adalah menggunakan gabungan sendok dan tangan. Iya, balungan akan terasa nikmat apabila diambil menggunakan tangan, kemudian daging atau urat yang melekat disana digerogoti. Ada pula tulang muda yang bisa dimakan sampai habis, bila beruntung. Sebuah mangkok kosong selalu disediakan penjual bagi tempat sisa-sisa tulang.

RM. Rahayu (Asem-Asem Demak)
Rumah makan ini ada di Jalan Patah 41 A Demak. Tepat disekitar Alun-alun Masjid Raya Demak. Rumah makan ini punya sajian daging sapi yang berkuah segar dan bisa bikin lidah bergoyang. Namun tidak cuma sajian asem-asem aja, ada varian menu lainnya tidak kalah nikmatnya.

Masakan tradisional khas Demak ini sering juga disebut dengan Asem-Asem Daging karena memang mengunakan daging sebagai salah satu utamanya. Rasa makanan ini mempunyai campuran cita rasa yang khas seperti manis, pedas dan asam. 

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Asem-Asem Demak sangat mudah ditemukan seperti daging sapi, kacang panjang/buncis, tomat hijau dan blimbing wuluh. Sedangkan untuk bumbu yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, daun salam, laos, cabe merah besar, garam, merica dan kecap manis.

Sate Kholil
Sate Kholil berdiri sejak tahun 2006. Sate Kholil berlokasi di Jalan Sultan Fatah Pertigaan dengan Jalan Pemuda depan Pasar Bintoro Demak. Menu andalannya yaitu sate kambing dan gule yang terlezat mutu dan kualitasnya mampu menyediakan menu sate yang enak dan terjangkau untuk seluruh pelanggan setianya. Selain itu ada juga tongseng yang pastinya bisa bikin keringat bercucuran ketika makan siang di sini.

Di warung ini, kami merekomendasikan sate kambingnya yang empuk, dengan ulegan kasar cabe hijau segar, irisan bawang merah, tomat, dan selada air. Lalu disiram dengan kecap manis yang memiliki cita rasa khusus, yang membedakan sate ini dengan sate yang lain.

RM. Sarwo Eco
Tempat yang satu ini dikenal sebagai salah satu kawasan kuliner dengan menu lengkap, pasalnya masakan yang disajikan di tempat tersebut terbilang komplit, utamanya untuk jenis makanan khas jawa. Namun tidak hanya itu saja, lokasi ini juga menyediakan seafood atau olahan dari ikan laut termasuk jenis menu modern di dalamnya. 

Bagi anda yang ingin mengunjunginya, cobalah untuk mengunjungi terminal kota Demak, karena warung tersebut berada tepat di bagian depan terminal dan juga cukup banyak dikunjungi oleh para pengunjung.

Sop Balungan – Cipto Roso
Ada banyak tempat makan di Demak yang menjual sup balungan sebagai menu utama, salah satunya di sepanjang perlintasan jalan raya Demak–Kudus. Di sana, makanan ini mudah ditemukan. 

Sop Balungan – Cipto Roso berada di satu kilometer setelah Pasar Demak, tepatnya di Jalan Raya Mranak–Demak, Kecamatan Wonosalam. Sebenarnya, RM Cipto Roso ini menyediakan banyak makanan, tapi yang paling istimewa adalah sup balungannya.

Perlu Anda tahu, sop balungan di sana terkenal “maknyus”. Pasalnya, mendiang Bondan Winarno, pakar kuliner terkenal, pernah berkunjung dan menikmati semangkuk sop balungan RM Cipto Roso ini.

Warung Makan Rukini/Warung Pink
Warung Makan Rukini atau dikenal Warung Pink berada di Jl. Sultan Hadiwijaya, Nogorame, Mangunjiwan. Selain menawarkan menu yang komplit, seperti cumi, kepiting, dan lain lain. Warung Makan Rukini adalah favorit para pelancong. Karena warung makan pink ini terkenal enak dan sangat murah. Wajib anda coba saat berkunjung ke Kota Demak.

Tidak hanya itu saja, warung yang satu ini juga dikenal sebagai kawasan kuliner yang cocok bagi para pelancong. Pasalnya selain menyajikan sajian yang lezat, harga yang ditawarkannya pun lebih murah. Tidak heran jika Tempat Kuliner di Demak ini pun banyak direkomendasikan untuk para wisatawan.

Ayam Bakar Salju
Jika menginginkan masakan ayam tapi tidak dalam bentuk kremesan, bisa coba ayam bakar salju. Konon, resepnya diimpor langsung dari bumi Parahyangan. Rumah Makan Ayam bakar salju terletak di Jalan Sultan Fatah No. 1A, Bogorame Katonsari  Demak, Buka pada pukul 08.00-21.00 WIB. 

Harga ayam bakar salju/kremes cukup murah hanya Rp 12.500, menu andalan lain seperti ayam bakar pejantan, Nila bakar, Bebek bakar, lele bakar dan masih banyak menu variatif lainnya. 

Soto Pemuda
Soto Pemuda terletak di Jl. Pemuda No.110, Petengan Selatan, Bintoro, Kecamatan Demak. Soto disini berbeda dengan soto – soto yang lain, karena bumbunya yang khas dan toping Kripik singkongnya, terdapat irisan telur menambah selera makan, ada krispi kripiknya, gurih kuahnya, serta rasanya yang  gak bisa dilupakan.

Selain soto, menu kuliner favorit di sini adalah Capcay Goreng dan Babat Gongso. RM. Soto Pemuda ini buka setiap hari senin – sabtu pada pukul 08.00 – 20.00 WIB.

Warung Apoeng Morosari
Rumah makan ini terletak di Desa Bedono, Morosari kabupaten Demak satu kawasan dengan pantai morosari. Berbagai macam olahan seafood disajikan di warung apoeng ini, bisa paket besar, atau personal. 

Design Warung apung sendiri  berkonsep gazebo-gazebo kecil di pinggir pantai, menikmati kuliner khas dengan semilir angin pantai mungkin cocok buat anda yang ingin refresing di sini.

Menu Favorit warung apoeng ini adalah Bakar khas morosari, seafood yang dimasak dengan cara dibakar, di bumbui dengan resep khas morosari, bisa juga milih goreng atau asam manis, tergantung selera.

Kerang Goreng/Rebus Simpang Enam
Demak merupakan kota pesisir dengan sejuta keunikannya, ketika anda ke Demak dan sedang berwisata pada sore hari, anda akan melihat grobak atau mobil pickup yang berjejer di sepanjang jalan dari alun – alun demak sampai pasar bintoro. Kerang Godog (Rebus) dan kerang Goreng ini, disajikan dengan berbagai bumbu pilihan, bisa memilih rasa, ada asam manis, goreng keju, dan bisa di Rebus (Godog).

Salah satu yang paling direkomendasikan adalah Kerang Goreng/Rebus Simpang Enam. Ada berbgai jenis kerang yang di jual, ada kerang darah, kerang simping, atau kerang hijau, tinggal pilih sesuai selera. (Della)

loading...