Angkasa Pura 2

Begini Persiapan Peserta Sebelum Mengikuti SKD dan Dipantau Pejabat Teras Kemenhub

SDMRabu, 15 Mei 2019
IMG-20190515-WA0020

IMG-20190515-WA0022

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Situasi Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Cawang, Jakarta Timur, Rabu (15/5/2019) sudah ramai sejak pagi. Di halaman kantor BKN sudah dipasang tenda, terutama untuk menampung peserta Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Pola Pembibitan (Polbit) tahun 2019.

Sekitar 1.000 orang peserta sudah datang secara bertahap, dan mereka siap mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), yang meruoakan prasyarat mengikuti tahapan Sipencatar Polbit tahun 2019.

Pelaksaan SKD di Jakarta dipusatkan di Kantor BKN Cawang, khususnya di Ruang Computer Asisten Test (CAT). Di ruangan berkapasitas 300-400 orang itu, seluruh peserta SKD harus menjawab dan penyelesaikan 100 point pertanyaan.

Secara garis besar, ada tiga kompotensi test, yaitu Test Wawasan Kebangsaan (TWK), Test Integensia Umu (TIU) dan Test Karakter Pribadi ( TKP).

Begitu pentingnya pelaksanaan SKD Sipencatar Polbit 2019, sehingga seluruh pejabat terkait di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan BPSDMP hadir memantau dan menyaksikan pelaksanaan SKD ini.

  • IMG-20190515-WA0021

    Pejabat Ikut Pantau SKD

    Pantauan BeritaTrans.com di lokasi, diantara ratusan peserta SKD yang datang sejak pagi, beberapa pejabat ters Kemenhub hadir memantau jalannya SKD mulai tahap daftar ulang, mendaftar pin SKD sampai pelaksaan SKD di Ruang CAT BKN Jakarta.

    Sebelum masuk ruang CAT, setiap peserta akan dicek dan diperiksa 9body check) satu per satu untuk memastikan SKD akan berjalan aman. Mereka /peserta hanya diizinkan membawa tiga hal, yaitu identitas diri/KTP, nomor peserta SKD dan alat tulis/pensil.

    Para pejabat itu antara lain, Sesjen Kemehub Dr.Ir. Djoko Sasono, Kepala BPSDMP Ir. Umiyatun Hayati Triastuti, M.Sc, Kepala Biro Kepagawaian Kemenhub Harry Kiswanto, Kapusbang SDM Hubdat Popik Montanasyah, dan Ketua STTD Bekasi Eddy Gunawan.

    Selain itu, para pejabat terkait di STTD juga hadir untuk memastikan proses SKD di kantor BKN Jakarta berjalan aman dan lancar. Mereka itu antara lain, Puket III STTD Efendhi Prih Raharjo, Puket II STTD Ny. G. Novianti dan lainnya.

    Dalam pelaksanaan SKD di BKN ini, dibagi menjadi tiga gelombang, dengan peserta 300-400 orang. Sesuai rencana, sekitar jam 12.00 WIB, proses SKD di BKN sudah tuntas dan bisa diketahui hasilnya.

    IMG-20190515-WA0018

    Selama SKD, peserta harus menjawab 100 point pertanyaan, yang meliputi 35 soal materi TWK, 30 soal materi TIU dan selebihnya TKP.

    Sestama BKP Suprana Yusuf mengatakan, pihaknya mempunyai bank soal sebanyak 10.000 butir soal. Soal-soal tersebut berbeda-beda tiap orang apalagi dari gelombang test yang berbeda.

    “Namun, bobot pertanyaan sama. Oleh karena itu, kepada seluruh peserta diminta jujur, dan fous pada soal-soal yang dihadapinya. Kami pastikan tidak bisa mencontek dengan teman lain,” tegas Supranawa.(helmi)

  • loading...