Angkasa Pura 2

BPTD IV Riau dan Satpel Terminal BRPS Bersiap Diri Jelang Mudik Lebaran 2019

KoridorRabu, 15 Mei 2019
FB_IMG_1557913108036

FB_IMG_1557913114734

PEKANBARU (BeritaTrans.com) – Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV Riau dan Kepri bersama Satpel Terminal Tipe A Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) Pekanbaru, trus bersiap menjelang arus mudik Lebaran 2019.

“Tingginya ongkos mudik angkutan udara, membuat jalur darat menjadi alternatif masyarakat untuk mudik Lebaran. Ongkos yang lebih terjangkau menjadikan jalur darat sebagai alternatif dan makin banyak diminati masyarakat,” kata Kepala BPTD Wilayah IV Riau dan Kepri S. Ajie Panatagama menjawab BeritaTrans.com di Jakarta, Rabu (15/5/2019).

BPTD dan Satpel BRPS terus meertibkan angkuttan umum baik KAP dan AKDP serta Angkot untuk masuk Terminal BRPS dan naik turunkan penumpang disana. “Dengan begitu, seluruh armada angkutan umum akan dicek kelaikannya dan SDM operatornya juga dibina dan diawasi dengan baik,” jelas Ajie.

Unsur terpenting bagi pengguna angkutan umum, menurut Ajie, adalah keselamatan. Selamat sampai tujuan dan selamat sampai kembali pulang. “Keselamatan dan kenyamanan penumpang menjadi perhatian serius Pemerintah, Pengusaha Angkutan serta Masyarakat,” papar Ajie.

Sehingga perjalanan jauh dan melelahkan yang di hadapi penumpang, menurut Ajie, akan terasa jadi begitu menyenangkan. Ikuti aturan lalulintas serta patuhi rambu-rambu dan marka jalan.

“Hindari kecepatan berlebih serta perlu nya melakukan pemeriksaan kendaraan (rampchek) setiap saat,” pinta Ajie.

Antisipasi Tradisi Mudik

Tradisi mudik saat merayakan Lebaran/ Idul Fitri sudah menjadi di Tanah Air telah berlangsung sejak lama. Tidak ada yang tahu pasti kapan dimulainya pertama kali tradisi mudik lebaran ini.

“Tradisi mudik Lebaran ini terjadi tiap tahun menjelang dan setelah lebaran idul fitri. Kurang afdol rasa nya bila merayakan Lebaran tidak berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara,” terang Ajie.

Tradisi mudik ini juga ternyata terjadi bagi masyarakat Indonesia diperantauan. Mereka pulang ke Tanah Air untuk merayakan lebaran serta berkumpul bersama sanak keluarga.

“Implikasinya, untuk mendukung mobilitas warga khususnya saat Lebaran butuh sarana angkutan umum yang baik, aman dan selamat. Termasuk di wilayah Riau dan Pekanbaru. Oleh karenanya, BPTD IV dan Satpel BRPS harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin,” tegas Ajie.(helmi)

loading...