Angkasa Pura 2

Dirjen Budi: e-Tilang, Setiap Kelebihan Pembayaran Denda Tilang Dikembalikan Secara Otomatis Kepada Rekening Pembayar Denda

KoridorRabu, 15 Mei 2019
IMG-20190514-WA0060

IMG-20190514-WA0062

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) – Dirjen Hubdat, Kemenhub Budi Setiyadi menyampaikan bahwa ke depann, sejalan dengan pemberlakuan e-tilang, setiap kelebihan pembayaran denda tilang dikembalikan secara otomatis kepada rekening yang membayar denda setelah ada putusan dari hakim.

“Selama ini memang masih manual dikembalikannya. Karena ini adalah pilot project kita, saya minta nanti mulai diterapkan e-tilang. Kalau SOP yang kita punya sebelumnya sudah diterapkan, saya yakin tidak akan ada pungli,” kata Ditjen Budi di Indramayu, Selasa (14/5/2019).

Selain itu, Dirjen Budi juga menekankan agar personil UPPKB tetap menjaga kualitas pelayanan. “Minimal apa yang kita lakukan sekarang untuk mengubah etos kerja dan kapasitas kerja kita tentang tata kelola dalam membangun UPPKB. Sekarang kita mengarah pada keterbukaan dan akuntabilitas dengan penerapan e-tilang,” kata Dirjen Budi.

Dalam acara ini, ada 3 jenis piagam yang ditanda tangani, yaitu:
1. Piagam pencanangan Zona Integritas di lingkungan Ditjen Hubdat
2. Piagam pernyataan komitmen penerapan pengendalian gratifikasi
3. Piagam deklarasi anti pungli

Dari penandatanganan ketiga piagam ini bertujuan untuk bukti komitmen dalam memahami reformasi birokrasi dan dalam memberikan dukungan penuh terhadap terwujudnya Ditjen Hubdat yang bebas dari korupsi.

“Komitmen kita untuk memperbaiki pelayanan, saya sangat berharap dengan pencanangan ini dapat mengubah total opini masyarakat untuk menghilangkan pandangan bahwa UPPKB adalah tempat pungli.”

“Terminal Tipe A juga demikian, diharapkan pada tahun 2020 semua terminal di Jawa sudah sama kualitasnya, sama baik pelayanannya, sama bersihnya dengan bandara. Inilah saatnya kita bangkit dan mulai menunjukkan pada masyarakat bahwa kita bisa lebih baik lagi,” papar Dirjen Budi.

Dalam acara ini, dihadiri pula oleh Kepala Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Caroline Noorida, sejumlah Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), Kapolres Indramayu, Kepala Kejaksaan Negeri Indramayu, Kepala Dinas Perhuhungan Indramayu, Kepala Balai LLAJ Wilayah IV Dishub Provinsi Jabar.(helmi)

loading...