Angkasa Pura 2

Dirjen Hubud Apresiasi Wings Air Uji Coba Terbang ke Bandara Taufik Kiemas

Bandara KokpitRabu, 15 Mei 2019
IMG-20190515-WA0026

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti mengapresiasi suksesnya pendaratan Pesawat Wings Air di Bandara M Taufik Kiemas, Pekon Serai Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

Pesawat Wings Air dengan tipe ATR 72-600 Reg PK-WGU dengan membawa empat kru, meliputi dua flight operasional officer (FOO), Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Radin Inten II Asep Kosasih dan perwakilan Otoritas Bandar Udara Wilayah I, melakukan uji coba terbang awal dari Tanjung Karang ke Krui pada (14/5/2019).

“Saya mengapresiasi kesuksesan uji coba pesawat Wings Air di Bandara M Taufik Kiemas. Upaya ini dilakukan agar pelayanan masyarakat yang ingin terbang ke daerah Tanjung Karang Krui dapat terlayani dengan baik, serta diharapkan mampu mendorong pengembangan daerah sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru,” tutur Polana di Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Dengan dibukannya rute baru Wings Air tersebut, akan memberikan lebih banyak opsi moda transportasi udara dari dan ke Kabupaten Tanjung Krui lebih cepat dan efisien.

“Peraturan ini berlaku untuk semua pihak, mulai dari UPBU, OBU, maskapai untuk memperioritaskan dan selalu berpedoman pada prinsip 3S +1 C yaitu Safety, Security, Services dan Compliance,” tegas Polana.

Setelah sukses melakukan uji coba, rencananya Maskapai Wings Air akan memulai rute perdana yaitu dari Bandara Radin Inten II (TKG) menuju Bandara M Taufik Kiemas (KXI) yang dijadwalkan pada 25 Mei 2019, mendatang.

“Berdasarkan informasi yang diperoleh, pihak Lion Group akan melakukan penerbangan komersial dimulai pada 25 Mei 2019. Jadi sebelum Lebaran sudah beroperasi melayani penerbangan komersial,” tutur Polana.

Secara terpisah, Kepala UPBU Silampari Rudi Pitoyo mengatakan, dengan adanya penerbangan di Krui akan membuka konektivitas transportasi udara yang tidak hanya di Kabupaten Krui melainkan dibeberapa wilayah yang secara geografis berdekatan dan berada di sekitarnya.

“Diharapkan penerbangan ke Krui akan berjalan berkesinambungan dan dapat mendorong pertumbuhan tidak hanya di sektor transportasi tapi sektor-sektor lainnya terutama potensi pariwisata di Krui yang masuk dalam skala internasional,” katanya.

Perlu diketahui, Krui dikenal salah satu lokasi paling terkenal di kalangan peselancar. Kawasan ini juga pernah menjadi tuan rumah bagi kompetisi kejuaraan selancar internasional. (omy)

loading...