Angkasa Pura 2

KSOP Tanjung Buton Uji Petik Kapal Jelang Angleb

DermagaRabu, 15 Mei 2019
IMG-20190515-WA0036

TANJUNG BUTON (BeritaTrans.com) – KSOP Tanjung Buton, Riau melaksanakan uji petik kapal jelang angkutan laut Lebaran (angleb) 2019. Hal itu dilaksanakan guna mewujudkan keselamatan pelayaran

Pada kesempatan itu Ditjen Perhubungan Laut melalui Direktorat Perkapalan dan Kepelautan menurunkan Tim Uji Petik yang dipimpin Kepala Seksi Keselamatan Kapal Barang dan Peti Kemas, Capt. Richard Christian Barutu beserta tim KSOP Tanjung Buton, dipimpin Zainudin.

“Kita menurunkan tim pemeriksa yang terdiri dari Marine Inspektor dari kantor pusat dan juga dari KSOP Tanjung Buton,” ujar Capt. Richard di Tanjung Buton, Rabu (15/5/2019)

Pelabuhan Roro Penyeberangan Bukit Batu, menurut Richard adalah pelabuhan transportasi yang menghubungkan Tanjung Buton dan Bengkalis yang selalu ramai dan makin ramai saat menjelang peak season.

“Tujuan kita adalah meningkatkan keselamatan pelayaran dan membangun budaya serta kesadaran keselamatan terus menerus, lebih fokus lagi terutama yang akan melakukan perjalanan mudik sehingga dapat tiba dengan selamat di tempat tujuan untuk merayakan lebaran bersama keluarga,” urainya.

Tim Uji Petik Ditjen Perhubungan Laut melakukan pemeriksaan terhadap tiga kapal penumpang, yakni KMP. Prima Lestari III, KMP. Bahari Nusantara, dan KMP. Swarna Putri.

Richard mengungkapkan, hasil pemeriksaan kali ini pihaknya menemukan beberapa temuan minor terhadap ketiga kapal yang diperiksa.

“Beberapa temuan ini kemudian kami sampaikan kepada Nakhoda sebagai perwakilan dari pemilik kapal untuk dapat ditindaklanjuti dan diperbaiki sebelum dimulainya angleb, tentunya dengan pengawasan dari Kantor KSOP Tanjung Buton,” tutur Richard. (omy)

loading...