Angkasa Pura 2

Untuk Lolos SKD Sipencatar Polbit 2019, Ini Passing Grade Yang Harus Dipenuhi

SDMRabu, 15 Mei 2019
IMG-20190515-WA0018

IMG-20190515-WA0021

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pelaksanaan Seleksi Kompetensi dasar (SKD) Sipencatar Pola Pembibitan (Polbit) di BPSDMP, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) harus dikerjakan dengan baik dan benar.

Tapi bukan berarti bisa mengerjakan sembarangan, karena untuk lolos SKD tidak semata-mata ditentukan nilai yang tinggi

Peserta SKD harus memenuhi ketentuan nilai minimal (passing grade) dari tiga materi test yang dikerjakan. Dari 100 butir pertanyaan di SKD, masing-masing mempunyai bobot nilai tersendiri.

Disinilah peserta SKD harus cerdas, dan pintar mengerjakan, mana point soal yang nilanya tinggi guna memenuhi passing grade yang ditentukan.

IMG-20190515-WA0024

Passing Grade SKD

Ketentuan Panitia Pelaksana sipencatar Polbit bekerja sama dengan BKN, ditetapkan peserta SKD harus menjawab 100 butir pertanyaan. Masing-masing bobotnya berbeda, dai setiap kategori pertanyaan.

Secara umum, ada tiga katgeori pertanyaan SKD, yaitu Test Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan jumlah 35 pertanyaan. Sedang passing grade-nya adalah 75 poin.

Kedua, Test Intelegensia Umum (TIU) dengan jumlah pertanyaan 30 butir. Sedang pasing grade yang harus dipenuhi adalah minimal 80.

Selanjutnya, Test Karakter Pribadi (TKP) sebanyak 35 butir pertanyaan. untuk mencapai passing grade, maka nilainya minimal harus 143 point.

Jadi, harus dipahami dan disikapi dengan bijak, bagaimana menjawab soal dengan baik. Nilai akumulasi tinggi tidak menjamin pasti lulus.

Namun masing-masing point soal harus memenuhi passing grade sesuai ketentuan yang ada. Ketentuan mengenai passing grade berlaku sama di 39 lokasi pelaksaan SKD Sipencatar Polbit 2019.

Setiap soal yang dihadapi peserta tak akan sama persis. Tapi, bobot pertanyaan sama, sehingga dipastikan tak bisa contek atau saling memberi tahukan isi jawaban. Setiap jenis test telah ditentukan dengan bobot atau passing grade berbeda pula.(helmi)

loading...