Angkasa Pura 2

Lokomotif KA Mutiara Selatan Terbakar di Tasikmalaya

EmplasemenKamis, 16 Mei 2019
b8bc65da730a19529d734c73443ec1ce

TASIKMALAYA (BeritaTrans.com) – Gerbong lokomotif Kereta Api Mutiara Selatan jurusan Surabaya-Bandung mengeluarkan asap hitam dan terbakar, Kamis (16/5/2019) pukul 06.00 WIB. Peristiwa ini terjadi saat kereta melintas di Kampung Kamulyan, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Informasi yang diperoleh, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Masinis bergerak cepat memadamkan api yang sempat berkobar dan berhasil memadamkannya. Kendati demikian, kereta tersebut tak dapat melanjutkan perjalanan.

Pengakuan seorang penumpang Joko Kopral, awalnya kereta berjalan lancar namun tiba-tiba tercium bau terbakar dan terlihat kepulan asap dari bagian lokomotif. Seketika kereta berhenti, kemudian tampak masinis berupaya memadamkan kobaran api.

“Kereta tiba-tiba berhenti, awalnya saya kira menabrak orang. Namun tak lama tercium bau seperti solar dan oli yang terbakar. Saya lihat sudah ada asap pekat warnanya hitam sekali, tampak juga api membesar dari bagian lokomotif,” ujar Joko, Kamis (16/5/2019).

Dia mengungkapkan, saat kejadian hanya sebagian penumpang yang turun namun tetap berada di sisi gerbong kereta. Setelah menunggu cukup lama, beberapa memilih melanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum, khususnya mereka yang akan turun di Stasiun Tasikmalaya. Sementara yang lain tetap menunggu keberangkatan.

“Kami sudah menunggu selama tiga jam, namun belum juga berangkat,” katanya.

Diketahui, akibat terbakarnya lokomotif Kereta Api Mutiara Selatan, semua perjalanan dari dan menuju Bandung-Surabaya tertahan di sejumlah stasiun. Sementara Kereta Mutiara Selatan, tidak bisa melanjutkan perjalanan karena bagian turbo penggerak lokomotifnya macet akibat terbakar serta menunggu lokomotif yang lain untuk dievakuasi. (dan/sumber inews.id)

loading...