Angkasa Pura 2

Tim Uji Petik di Palembang Minta Operator Kapal Segera Tindaklanjuti Temuan Minor

DermagaKamis, 16 Mei 2019
IMG-20190516-WA0008

PALEMBANG (16/5) – Tim uji petik Ditjen Perhubungan Laut yang terdiri dari tim marine inspector Direktorat Perkapalan dan Kepelautan yang dipimpin oleh Kasubdit Keselamatan Kapal, Capt Sidrotul Muntaha bekerjasama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Palembang minta operator kapl segera tindaklanjuti temuan minor.

Pada pemeriksaan kali ini pihaknya menemukan beberapa temuan yang disampaikan kepada Nakhoda sebagai perwakilan dari Pemilik Kapal untuk segera ditindaklanjuti.

“Rekomendasi yang kami keluarkan ini harus langsung ditindaklanjuti oleh pemilik kapal sebelum dimulainya Angkutan Laut Lebaran 2019,” tegas Sidrotul di Palembang, Kamis (16/5/2019).

IMG-20190516-WA0011

Pemeriksaan di Pelabuhan Tanjung Api Api diawali di atas Kapal KMP. Menumbing Raya dengan operator PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) tujuan Muntok dan kapasitas 218 orang penumpang.

Kemudian, pengecekan berpindah ke Kapal Dharma Kartika I dengan operator PT. Dharma Lautan Utama (DLU) yang melayari rute Palembang-Bangka (PP) dengan kapasitas 214 orang penumpang.

Selanjutnya, tim direncanakan bergerak ke Pelabuhan Boom Baru untuk melakukan pemeriksaan terhadap kapal penumpang di pelabuhan tersebut.

“Ini dilakukan guna memastikan para pemudik mendapatkan pelayanan angkutan laut yang aman, selamat, tertib dan nyaman,” ujarnya.

Sidrotul mengatakan, Palembang menjadi salah satu dari 16 lokasi Pelabuhan yang dijadwalkan pemeriksaannya oleh Tim dari Direktorat Perkapalan dan Kepelautan, mengingat di kota ini terdapat dua Pelabuhan yang melayani kapal yang mengangkut penumpang dari Palembang ke pulau-pulau sekitar.

“Baik di Pelabuhan Tanjung Api-Api maupun Pelabuhan Boom Baru memiliki mobilitas penumpang yang cukup tinggi, untuk itu tentunya diperlukan pemeriksaan yang lebih, khususnya menjelang angkutan lebaran,” ujar Sidrotul. (omy)

loading...