Angkasa Pura 2

Mudik Berkeselamatan, Dirjen Budi: Kami Adakan Mudik Gratis Dengan Bus dan Kapal Ro-Ro

Dermaga KoridorJumat, 17 Mei 2019
IMG-20190517-WA0000

JAKARTA (BeritaTrans.com) -Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, Pemerintah khususnya Ditjen Hubdat komit menyelenggarakan arus mudik Lebaran 2019 dengan baik, aman dan selamat. Keselamatan harus menjadi prioritas utama dibandingkan yang lainnya.

“Kami kini ingin jelaskan pada masyarakat tentang mudik yang berkeselamatan. Oleh karena itu kami mengimbau masyarakat untuk tidak mudik dengan sepeda motor,” kata Dirjen Budi di Jakarta, Jumat (17/5/2019).

Menurut dia, resiko mudik dengan sepeda motor besar sekali. Oleh karenanya semaksimal mungkin harus dihindari mudik dengan sepeda motor. “Makanya, kami adakan mudik gratis dengan armada bus atau kapal penyeberangan/ kapal Ro-Ro,” kata Direjn Budi lagi.

Menurutnya, ada banyak keuntungan mudik dengan kapal Ro-Ro. Yang jelas gratis, karena dibayar dengan dana APBN. Berikutnya, anti macet dan waktu tibanya pasti.

“Kalau diprediksikan 6 jam perjalanan ya tidak akan molor, sehingga masyarakat dapat memastikan kapan akan tiba di tujuan,” ujar Dirjen Budi.

“Kapal yang digunakan untuk mudik gratis ini adalah kapal Ro-Ro dengan volume 5.000 Gross Tonnage (GT). Kapasitas angkut kapal yang digunakan yaitu sebanyak 500 motor dan 1.000 penumpang tiap kapalnya,“ tambah Dirjen Budi.

Sementara dari data Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, untuk mudik 2019 ini diperkirakan ada kenaikan penumpang kapal Ro-Ro sebesar 2,89%.

Tahun 2018 lalu, jumlah penumpang sebanyak 4,40 juta orang dan tahun 2019 ini diperkirakan sebanyak 4,53 juta orang.(helmi)