Angkasa Pura 2

Pelni Resmi Operasikan Kapal Rede Rute Probolinggi-Giliketapang

DermagaSabtu, 18 Mei 2019
IMG-20190518-WA0022

PROBOLINGGO (BeritaTrans.com) – Satu unit kapal Rede KM. Gandha Nusantara 11 resmi diserahterimakan dari Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan ke PT. Pelayaran Nasional Indonesia di Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo, Sabtu (18/5/2019).

Penandatanganan berkas serah terima kapal oleh kedua belah pihak menandakan bahwa kapal KM. Gandha Nusantara 11 siap dioperasikan untuk mendukung salah satu trayek Kapal Rede TRD-3 yang akan melayani rute pelabuhan Probolinggo – Giliketapang – Probolinggo.

“Kapal KM. Gandha Nusantara 11 telah diberangkatkan dari Galangan Kapal PT. Prakitri Hasta Dharma pada hari Jumat (17/5) pukul 10.00 WITA dan tiba di Pelabuhan Probolinggo pada Sabtu (18/5) pukul 00.30 WIB dengan rencana penyerahan pada hari Sabtu (18/5) pagi,” ujar Dirjen Perhubungan Laut diwakili Kasubdit Angkutan Laut Dalam Negeri, Capt. Budi Mantoro di Probolinggo, Sabtu (18/5/2019).

Capt. Budi mengatakan, dengan adanya kapal milik negara yang akan melayani rute Probolinggo – Giliketapang ini diharapkan menjadi sarana dan prasarana bagi masyarakat wilayah Probolinggo dan sekitarnya yang dapat dimanfaatkan untuk angkutan antarpulau dan pengiriman kebutuhan barang masyarakat di sekitarnya.

Kata dia, untuk meningkatkan kelayakan dan keselamatan kepada masyarakat, kedepan kapal berkapasitas 60 penumpang juga bisa dimanfaatkan sebagai Puskesmas berjalan yang melayani antarpulau yang bisa di kelola Pemerintah Daerah setempat.

“Nantinya kapal ini akan dioperasikan dibawah kendali Pemerintah Daerah apabila proses hibah kepada Pemda selesai dilaksanakan,” ujar Capt Budi.

Kapal KM Gandha Nusantara 11 di bangun oleh Pemerintah dalam upaya peningkatan program konektivitas antarmoda sehingga dapat menjangkau wilayah lebih dalam lagi (end to end).

“Untuk angkutan di perairan dan antarpulau kita akan bersinergi dengan angkutan penyeberangan maupun pelayaran rakyat untuk lebih memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” imbuhnya. (omy)