Angkasa Pura 2

Mahasiswa Bandung akan Mendapat Bekal Kepariwisataan

DestinasiSenin, 20 Mei 2019

IMG-20190519-WA0063
BANDUNG (beritatrans.com) – Penguatan SDM menjadi perhatian serius Kementerian Pariwisata. Salah satu cara yang ditempuh, membekali mahasiswa. Kali ini, yang menjadi target adalah mahasiswa Universitas Padjajaran Bandung,  Jawa Barat. Para mahasiswa akan mendapat bekal dalam kegiatan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan Goes To Campus, Senin (20/5).

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani, mengaku ingin membuka wawasan para mahasiswa mengenai pariwisata.

“Mungkin sebagian dari para mahasiswa berasumsi jika pariwisata hanya meliputi destinasi yang indah. Yang keren buat selfie. Kita ingin membuka wawasan mereka. Kita kasih tahu jika pariwisata memiliki lebih banyak bagian dari yang mereka bayangkan,” papar Giri Adnyani, Minggu (19/5).

Dijelaskannya, kepariwisataan meliputi berbagai kegiatan yang berhubungan dengan wisata. Baik dari usaha, objek, daya tarik wisata, serta berbagai sektor lainnya yang terkait. 

Ditambahkan Giri Adnyani, pembangunan kepariwisataan adalah upaya untuk mengembangkan dan memanfaatkan objek dan daya tarik wisata. Seperti kekayaan alam yang indah, keberagaman keragaman flora dan fauna, kemajemukan tradisi dan seni budaya, serta peninggalan sejarah dan purbakala.

“Yang menjadi pertanyaan, apa yang bisa dilakukan para mahasiswa? Dan jawabannya banyak. Hal yang paling simple, mahasiswa bisa membantu mempromosikan wisata Indonesia melalui gadget. Tapi tentunya mereka harus aktif di media sosial dan tahu mengenai destinasi di Tanah Air,” katanya.

Giri menambahkan, mahasiswa bisa mendapatkan peran yang lebih penting dari mempromosikan pariwisata. Yaitu, terjun ke dunia usaha pariwisata.

“Produk-produk inilah yang harus mereka mengerti. Dalam pariwisata, kita juga mengenal sektor pelayanan jasa sarana pariwisata. Seperti biro perjalanan, jasa konvensi, penyediaan akomodasi dan penyediaan transportasi wisata, dan masih banyak lagi. Mahasiswa bisa mendapatkan peran dari situ,” katanya.

Pengetahuan tentang hal inilah yang menurut Giri akan dibekali dalam Pelatihan Dasar SDM Goes To Campus.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga menilai peran mahasiswa sangat penting. Sebab, mahasiswalah yang nantinya biaa mengembangkan pariwisata.

“Kita menyebut mahasiswa sebagai agen perubahan. Mereka bagian dari pentahelix yang merupakan unsur kuat dalam pengembangan pariwisata. Lebih tepatnya, mahasiswa masuk dalam unsur akademisi. Dari mereka kita berharap ada inovasi dan kebijakan untuk membuat pariwisata Indonesia menjadi yang terdepan,” katanya. (Della)

loading...